Trik Pintar Merawat Kain Tenun Agar Tetap Awet

Posted on 28 November 2018, 01:19 PM
Trik Pintar Merawat Kain Tenun Agar Tetap Awet

Selain dikenal karena batiknya, Indonesia pun punya banyak jenis kain tenun yang sangat indah. Contohnya ulos, kain tradisional suku Batak berupa selendang. Selain itu, Indonesia pun masih punya banyak kain tenun tradisional, seperti sarung bugis, sasirangan, lurik, songket dan lainnya.

Karena dikerjakan secara tradisional (hand made) dengan keindahan yang luar biasa, kain tenun tentu harus dijaga dengan baik. Selain memperhatikan tempat penyimpanan dan cara menyimpannya, Smart Mom pun harus memperhatikan dengan baik cara mencucinya.

Agar tidak mudah rusak, berikut merupakan trik mencuci kain tenun ada tetap awet, warnanya tetap cemerlang, lembut dan indah.

  1. Rendam kain tenun dalam larutan deterjen Attack Batik Care sebentar saja, kemudian cuci dengan cara ditekan lembut atau diputar dalam air.
  2. Bilas kain tenun dengan cara diguyur air mengalir dari atas ke bawa agar sisa deterjen bisa mengalir dan kain pun bersih.
  3. Saat akan mengurangi air, sebaiknya perah kain tenun dengan cara diremas atau diurut dari atas ke bawah secara perlahan.
  4. Untuk penjemuran, sebaiknya jemur kain tenun dengan menggunakan jemuran berdiameter agak besar, seperti bambu utuh, bukan pada jemuran yang menggunakan tambang.
  5. Hindarkan kain tenun dari sengatan sinar matahari secara langsung. Smart Mom bisa menjemurnya di ruang terbuka yang dilindungi kanopi.

Jangan sembarangan menggunakan deterjen ya Smart Mom. Kain tenun sebaiknya dicuci dengan deterjen khusus yang cocok untuk kain dengan pewarnaan alami seperti deterjen Attack Batik Care. Deterjen ini cocok untuk mencuci kain batik dan kain halus yang butuh perlakuan khusus.

Berbeda dengan deterjen lainnya, Attack Batik Care mampu mengangkat noda dengan cepat, tanpa merusak serat kain, mampu menjaga warna kain tetap cemerlang, lembut dan tidak membuat kain berbulu. Aman bagi kain yang menggunakan teknik pewarnaan alami. Selamat mencoba!

Prev Post

Tips Mencuci Pakaian Saat Air Di Rumah Keruh dan Berbau

Next Post

Cara Tepat Mencuci Handuk, Ternyata Harus Diperlakukan Khusus Smart Mom!

SHARE TO