Ajari Anak Berbagi

Posted on 14 September 2017, 11:34 AM
Ajari Anak Berbagi

Mengajarkan anak untuk berbagi kepada teman sepermainannya atau juga kepada adik kecilnya tentu tidak mudah. Seringkali anak bersikukuh untuk tidak membagi mainannya kepada orang lain. Namun kita perlu mengajarkan etika meminjam dan berbagi. Perlu diingatkan bahwa saling berbagi berarti pula kita mengajarkan kepada anak untuk saling peduli dengan sesama atau kepada orang yang membutuhkan.

Kita pasti akan saling membutuhkan. Tidak semua orang beruntung dan berkecukupan. Stimulasi mereka dengan etika berbagi dan meminjam milik orang lain dapat dilakukan melalui kegiatan sehari-hari. Ketika anak sudah mampu menerapkannya berikanlah anak penghargaan. Hal ini penting untuk lebih menumbuhkan semangat agar anak dapat mengulangi perilaku baiknya.

Ajari Teknik Berbagi

Salah satu teknik yang paling berhasil adalah dengan memberikan mereka contoh secara langsung dan berulang-ulang. Karena si kecil pada tahapan seusianya cenderung untuk mengikuti sebuah perilaku atau sikap yang mereka lihat sehari-hari.

Terapkan Peraturan Tak Tertulis di Rumah atau di Lingkungan Keluarga. Untuk selalu meminta izin kepada pemilik barang sebelum meminjamnya. Bila anak lupa ingatkan mereka selalu untuk berlaku seperti yang seharusnya.

Selain itu perkenalkan juga bagaimana cara berbagi untuk anak seusianya. Misalkan a diberi kue oleh neneknya. Ajarkan ia untuk memotongnya menjadi dua dan berbagi kepada adiknya. Atau untuk urusan mainan misalnya anak sedang bermain Angry Birds dan kedua anak saling berebut ada baiknya untuk menengahi dan membiarkan anak pertama untuk memainkan sebuah level tertentu lalu sesudahnya bergantian untuk memainkan level berikutnya.

Singkat kata anak sedini mungkin untuk berbagi dan jadilah teladan bagi mereka.

Prev Post

10 Langkah Sukses Dalam Karir

Next Post

Cara Sederhana Membersihkan Mesin Cuci

SHARE TO