Anak Harus Didik "Keras" Agar Berprestasi dan Kuat Mental, Benarkah Itu?

Posted on 8 November 2018, 12:22 PM
Anak Harus Didik

Smart Mom mungkin pernah mendengar bagaimana kerasnya didikan orangtua zaman dulu. Agar bisa berprestasi dan kuat mentalnya, tidak jarang orangtua atau guru zaman dulu akan membentak, mencubit, dan bahkan melayangkan pukulan.

Benarkah didikan keras bisa bikin anak berprestasi dan kuat mentalnya?

Beberapa budaya memang membenarkan pola pendidikan keras harus dilakukan demi membentuk karakter anak, termasuk membuat Si Kecil agar lebih berprestasi dan kuat mentalnya. Tapi hal ini tidak sejalan dengan beberapa hasil penelitian yang menyebut jika pola pendisiplinan yang paling efektif adalah disiplin positif, atau disiplin yang berfokus pada penguatan sisi positif. Dalam pola ini, Smart Mom akan fokus pada perilaku positif tanpa hukuman fisik.

Sementara itu, menurut penelitian yang dilakukan American Academy of Pediatrics, memberikan hukuman dengan kekerasan fisik atau verbal, seperti menampar, mencubit atau membentak, bukan cara efektif untuk mendisiplinkan anak, apalagi untuk membuatnya berprestasi.

Justru sebaliknya, anak yang dididik dengan cara keras justru lebih rentan stres, dan berisiko melakukan kekerasan pada anak lainnya (jadi pelaku bullying).

Psikolog pendidikan Mia Marissa Kumala, menjelaskan jika tiap anak lahir dengan kecerdasan bervariasi, ada yang memiliki kecerdasan logis-matematis, kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan spesial, kecerdasan kinestetis dan kecerdasan naturalis.

Dengan kata lain, jika Si Kecil kurang cepat dalam menyerap pelajaran matematika, sebaiknya cek kembali prestasinya dalam bidang lain. Mungkin saja dia lebih berprestasi dalam bidang olahraga (kecerdasan kinestetis), atau justru dia merupakan calon musisi hebat (kecerdasan musikal).

Dengan memahami kecerdasan yang dimiliki Si Kecil, Smart Mom akan lebih mudah mengembangkannya, tanpa harus memaksanya, apalagi memberikan hukuman fisik yang justru bisa menimbulkan trauma masa kecil, yang bisa berdampak buruk bagi masa depannya.

Prev Post

Wajib Tahu, Ternyata Kain Sutra Banyak Jenisnya Lho!

Next Post

Smart Mom, Simak Yuk Beberapa Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

SHARE TO