Anak Minta Gadget Mahal, Apakah Wajar Jika Dituruti?

Posted on 9 November 2018, 10:57 AM
Anak Minta Gadget Mahal, Apakah Wajar Jika Dituruti?

Perkembangan dunia gadget memang luar biasa Smart Mom. Beragam gadget dengan mudah bisa kita temukan, dari yang biasa hingga yang punya fitur super canggih. Diantara semua gadget tersebut, ada juga yang dijual dengan harga yang sangat fantastis.

Nah, lantas bagaimana kalau Si Kecil merengek ingin dibelikan gadget mahal tersebut?

Menurut Ainun Chomsun, praktisi dan pengamat media sosial, sekaligus founder dari gerakan sosial Akademi Berbagi, mengibaratkan jika memberikan gadget kepada anak sama saja dengan memberikan setengah dunia ke dalam genggamannya.

Saat memiliki gadget, Si Kecil akan lebih mudah berkomunikasi, sekaligus mengakses informasi yang ada di dunia maya. Sayangnya, tidak semua informasi di dunia ini positif, beberapa diantaranya ada hal negatif, seperti konten pornografi, bullying, kekerasan dan lainnya. Tentu ini harus jadi pertimbangan.

Selain itu, Smart Mom pun perlu mengingatkan Si Kecil jika gadget super mahal pun sebenarnya punya fungsi utama yang sama, yakni sebagai alat komunikasi.

Patty Wipfler, edukator pola asuh dan pendiri Hand in Hand Parenting, menjelaskan jika ingin memberikan sesuatu kepada Si Kecil, maka Smart Mom harus punya perhitungannya. Tidak bisa hanya memberikannya saja, tanpa memperhitungkan dampak baik dan buruknya.

Smart Mom harus tahu akan digunakan untuk apa gadget mahal yang ia inginkan? Jika Si Kecil hanya beralasan ingin karena tren, sebaiknya tolak saja karena pada dasarnya tidak semua tren harus dia ikuti. Bahkan beberapa tren harus dia jauhi karena berbahaya!

Prev Post

Ingat Smart Mom, Beri Konsekuensi Jangan Cuma di Mulut Aja!

Next Post

Tips Mengatasi Anak yang Terobsesi Tokoh Idola

SHARE TO