Gara-Gara Tidak Sarapan, Anak-anak Bisa Kurang Fokus di Sekolah Lho!

Posted on 8 May 2018, 11:28 AM
Gara-Gara Tidak Sarapan, Anak-anak Bisa Kurang Fokus di Sekolah Lho!

Saat nilainya tiba-tiba merosot, banyak orangtua yang langsung menuduh anaknya terlalu banyak bermain, malas belajar dan lainnya. Terkadang, penurunan nilai ini pun disambut negatif dengan adanya hukuman dan les tambahan agar mereka bisa meningkatkan prestasinya di sekolah.

Tapi apakah Smart Mom sudah mengecek bagaimana kualitas dari sarapan mereka? Ini penting lho. Pasalnya, menurut pakar nutrisi dan Ketua Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk membuat anak tetap konsentrasi saat belajar.

Artinya, saat setiap pagi Smart Mom mampu menghadirkan sarapan yang berkualitas, kemampuan mereka untuk berkonsentrasi saat belajar pun akan meningkat. Secara tidak langsung, hal ini pun akan mendukung aktivitas otak mereka untuk menyerap seluruh pelajaran di sekolah.

Lebih lanjut lagi, Profesor Hardinsyah menjelaskan jika sarapan mampu memenuhi ¼ kebutuhan nutrisi harian Si Kecil, dimana sebagian dari nutrisi sarapan tersebut berguna untuk menunjang performa otak.

Menurut Data Nasional Kemenkes, 7 dari 10 anak di Indonesia tidak sarapan pagi saat berangkat sekolah. Sementara 3 dari 10 anak yang rutin sarapan sebelum beraktivitas (sekolah), menu yang mereka konsumsi tidak mencukupi kebutuhan gizi harian mereka.

Hal inilah yang membuat Profesor Hardinsyah mengingatkan kepada orangtua agar tidak hanya mendorong anak-anak untuk sarapan, tapi juga harus memperhatikan kualitas dari sarapan itu sendiri.

Apa Menu Terbaik untuk Sarapan?

Menurut Prof Jyrki Virtanen, dari University of Eastern Finland, telur merupakan menu sarapan terbaik untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan otak. Di dalamnya, telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, antioksidan lutein, zeaxanthin, vitamin A, D dan E.

Kandungan lengkap inilah yang akan membantu Si Kecil untuk meningkatkan daya ingat, menjaga fokus dan konsentrasi, memelihara kesehatan tubuh, serta menjaga anak agar tetap kenyang lebih lama.

Selain itu, sarapan dengan menu telur pun diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam American Society for Nutrition's Experimental Biology, yang menyebut telur memiliki efek yang lebih mengenyangkan ketimbang menu sarapan lainnya dan mencegah Si Kecil memakan camilan sebelum waktu makan.

Agar makin sempurna, peneliti Melinda Karalus, MD, menyarankan agar Smart Mom rutin memberikan 1 butir telur rebus, segelas susu dan sisanya bisa diisi dengan menu karbohidrat dan serat, sebagai menu sarapan anak sebelum berangkat sekolah.

Prev Post

Bukan Mengusir, Ini Makna “Mendorong” Saat Batita akan Lakukan Sesuatu

Next Post

3 Kecerdasan Anak Ini Bisa Dilatih dengan Stimulasi yang Tepat

SHARE TO