Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Tentang Asupan Anak

Posted on 21 September 2018, 11:01 AM
Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Tentang Asupan Anak

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, dibutuhkan asupan nutrisi yang maksimal. Zaman dulu kita mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna, dan kini kita lebih mengenalnya dengan istilah pola makan dengan gizi yang seimbang, sesuai dengan kebutuhan.

Smart Mom, berikut merupakan beberapa hal penting terkait dengan asupan gizi buat Si Kecil yang wajib diperhatikan.

ASI yang Utama

Di 6 bulan pertama masa kehidupannya, Si Kecil sebaiknya mengonsumsi ASI. Program pemberian ASI ini dilakukan selama maksimal 2 tahun. Perinciannya, 6 bulan pertama full ASI tanpa makanan tambahan, setelah 6 bulan baru diberi makanan pendamping ASI atau MP-ASI secara bertahap, hingga akhirnya Si Kecil benar-benar lepas dari ASI di usia 2 tahun.

Karbohidrat, Lemak dan Protein

Menurut pakar gizi, Dr dr Damayanti Sjarif, SpA(K), pada dasarnya ada 3 unsur terpenting yang wajib dikonsumsi anak untuk menunjang tumbuh kembangnya, yakni karbohidrat, lemak dan protein.

Contoh paling sederhana, jika Smart Mom memberikan roti sebagai sumber karbohidrat, maka sumber lemaknya bisa didapat dari mentega, sementara sumber proteinnya bisa dari telur. Atau kalau ingin lebih lengkap lagi, bisa juga disempurnakan dengan segelas susu.


Pengenalan Buah dan Sayur

Selain protein, lemak dan karbohidrat, Si Kecil pun butuh asupan vitamin dan serat yang cukup tinggi. Asupan ini bisa Smart Mom dapatkan dari buah dan sayuran.

Menurut dr Damayanti, pengenalan buah dan sayur ini sudah bisa dilakukan sejak Si Kecil mulai diperkenalkan MP-ASI. Tapi hati-hati, pilih buah dan sayur yang aman dikonsumsi anak-anak, teksturnya lembut dan jumlahnya harus disesuaikan. Ingat, fase awal hanya sebagai pengenalan saja!

Pemberian Pure

Setelah masa ASI eksklusif selesai (6 bulan), saatnya Si Kecil mendapat makanan pendamping ASI alias MP-ASI. Dalam hal ini, pure merupakan makanan terbaik yang bisa Si Kecil konsumsi.

Pure sendiri merupakan makanan yang dilembutkan atau dihaluskan, bisa bubur merah, buah-buahan yang dihaluskan (seperti pisang, alpukat, dan lainnya), hingga daging, telur dan sumber protein lainnya yang dihaluskan. Tapi ingat, pastikan pure yang dibuat benar-benar halus dan tanpa penguat rasa!

Prev Post

Catat Smart Mom, Ini Tanda Anak Alami Growth Spurt

Next Post

Yuk Mengenal GHD, Penyebab Umum Gangguan Tumbuh Kembang Anak

SHARE TO