Jangan Takut Kotor Smart Mom! Ini Manfaat Berkebun untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Posted on 20 November 2018, 07:58 PM
Jangan Takut Kotor Smart Mom! Ini Manfaat Berkebun untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Berkebun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagi lansia, penelitian membuktikan jika berkebun mampu menurunkan risiko pikun, menurunkan stres dan meningkatkan harapan hidup. Sementara bagi anak-anak, berkebun bisa digunakan sebagai metode awal mengenal alam dan asal mula makanan.

Selain itu, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan ketika ikut berkebun sebagai kegiatan pengisi waktu liburan.

Menumbuhkan Minat Makan Sehat

Si Kecil sulit makan sayur dan buah? Mengajaknya berkebun bisa jadi salah satu solusi, Smart Mom. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, menyebut jika anak yang ikut berkebun bersama orangtuanya, akan cenderung lebih banyak makan sayur dan buah. Berkebun jug merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan minat Si Kecil terhadap makanan sehat.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan teori hipotesis higienis, untuk bisa tahan terhadap serangan kuman dan bakteri, anak-anak harus mendapat paparan dari berbagai jenis mikroba sejak dini.

Terpaan bakteri akan membantu tubuh mereka untuk terbiasa mendeteksi mana mikroba yang baik dan yang buruk. Selain itu, tubuhnya pun akan mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat untuk melawan infeksi.

Mengasah motorik anak

Penelitian yang diterbitkan dalam Growing Health Benefits Report, menyebut jika berkebun termasuk aktivitas fisik yang baik untuk mengasah kemampuan motorik Si Kecil. Saat berkebun, mereka akan banyak terlibat dalam kegiatan yang melibatkan otot dan koordinasi tubuhnya.

Contohnya aktivitas menggali tanah, menyiram air, memindahkan pot dan lainnya. Dengan gerakan-gerakan tersebut, kemampuan motoriknya akan terasah, sirkulasi darah, pernapasan, dan postur tubuhnya pun akan semakin baik.

Mempertajam memori dan fokus

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, menyebut jika anak yang memiliki gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorde kondisi gangguan perilaku berupa ketidakmampuan memusatkan perhatikan, impulsif dan hiperaktif), akan lebih fokus ketika mereka berada di taman atau ruang outdoor serba hijau. Selain itu, aktivitas ini pun mampu meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan kognitif anak.

Hal ini disebabkan karena berkebun merupakan pekerjaan yang kompleks sehingga bisa membantu anak untuk tetap tenang dan fokus selama menjalankan aktivitas ini.

Smart Mom khawatir dengan noda tanah, getah, dan lainnya yang akan mengotori Si Kecil saat berkebun? Tenang Smart Mom, serahkan saja pada deterjen Attack Clean Maximizer yang memiliki daya bersih tinggi, efektif membersihkan noda membandel juga melindungi pakaian dari kuman penyebab bau.

Dengan deterjen Attack, Si Kecil bisa bebas bereksplorasi dan Smart Mom pun bebas khawatir dengan pakaian kotor. Selamat berkebun!

Prev Post

Bikin Waffle Sendiri di Rumah? Mudah Kok, Begini Caranya!

Next Post

Tips Mencuci Pakaian Saat Air Di Rumah Keruh dan Berbau

SHARE TO