Smart Mom, Simak Yuk Beberapa Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

Posted on 8 November 2018, 12:26 PM
Smart Mom, Simak Yuk Beberapa Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

Menurut penelitian, hanya 12 persen dari populasi dunia yang diketahui bertangan kidal. Sementara 30 persen total populasi lainnya menggunakan tangan secara bergantian.

Selain fakta populasinya yang sangat sedikit, ada beberapa fakta menarik lainnya terkait dengan anak kidal, diantaranya.

Kidal Ternyata Bawaan Lahir

Menurut Ronald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika, menyebut jika kidal atau bukan ditentukan sejak Si Kecil masih dalam kandungan.

Hingga saat ini para peneliti masih kebingungan terkait dengan penyebab utama seseorang terlahir dengan tangan kidal. Dugaan sementara, faktor genetik merupakan salah satu penyebab tertingginya, setelah itu baru faktor stimulasi sejak kecil.

Orang Kidal Banyak yang Berpengaruh

Meskipun hanya punya 12 persen populasi di seluruh dunia, faktanya banyak orang-orang berpengaruh yang terlahir bertangan kidal. Bahkan 5 dari 7 presiden Amerika diketahui bertangan kidal, diantaranya Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama.

Selain itu, masih banyak orang-orang berpengaruh di dunia lainnya yang diketahui bertangan kidal, seperti Napoleon Bonaparte, Jimmy Hendrix, dan lainnya.

Lebih Jenius

Menurut The National Bureau of Economic Research (NBER), Amerika, orang kidal yang memiliki pendidikan tinggi, memiliki pendapatan 15 persen lebih banyak dibanding teman-teman mereka yang tidak bertangan kidal.

Selain itu, penelitian lainnya menyebut jika rata-rata orang kidal berpotensi menjadi tokoh jenius di dunia dengan IQ rata-rata diatas 140.

Lebih kreatif

Menurut Daniel Geschwind, pakar genetik dari University of California, Los Angeles, Amerika, orang kidal mampu menggunakan kedua sisi otak saat mempelajari bahasa asing. Selain itu, mereka yang bertangan kidal pun memiliki kreativitas yang lebih tinggi ketimbang mereka yang non-kidal.

Makanya Smart Mom, jika Si Kecil memang terlahir dengan tangan kidal, jangan paksa mereka untuk beradaptasi menggunakan tangan kanan. Sebaiknya biarkan saja mereka tumbuh secara alami!

Prev Post

Anak Harus Didik "Keras" Agar Berprestasi dan Kuat Mental, Benarkah Itu?

Next Post

Susu Bisa Tingkatkan Produksi Lendir Saat Anak Pilek, Benarkah?

SHARE TO