Susu Bisa Tingkatkan Produksi Lendir Saat Anak Pilek, Benarkah?

Posted on 8 November 2018, 12:28 PM
Susu Bisa Tingkatkan Produksi Lendir Saat Anak Pilek, Benarkah?

Batuk pilek merupakan salah satu penyakit musiman yang biasa menyerang anak. Meskipun tergolong penyakit ringan, gejala pilek yang ditandai dengan peningkatkan lendir sudah tentu akan membuat mereka makin tidak nyaman.

Untuk mengurangi produksi lendir tersebut, banyak orangtua yang memilih untuk menghindari pemberian susu karena konon katanya, susu bisa tingkatkan produksi lendir saat Si Kecil pilek. Benarkah itu?

Mengenai hal ini, Dr Ian Balfour-Lynn, dokter spesialis THT anak dari Royal Brompton Hospital, London menyatakan mitos tentang susu bisa meningkatkan produksi lendir saat Si Kecil pilek memang cukup populer, bahkan 59 persen orangtua sangat percaya dengan hal ini.

Padahal faktanya, banyak penelitian yang sudah menjelaskan jika pemberian susu tidak terkait dengan peningkatan produksi lendir selama pilek. Meskipun begitu, Ian mengakui jika akan terasa efek mulut seperti berlendir saat mengonsumsi susu. Kondisi ini bukan hal yang serius, hal ini disebabkan karena mukosa di mulut menyebabkan emulsi sehingga muncul sensasi mulut terasa lengket.

Menurut James M Steckelberg M.D, ahli penyakit infeksi dari Mayo Clinic, pemberian susu justru disarankan. Selama pilek, Si Kecil mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan. Solusinya, Smart Mom bisa memberi susu untuk memenuhi asupan kalori dan nutrisinya.

Selain itu, minum susu saat pilek dan batuk justru bisa meredakan iritasi tenggorokan. Nah untuk mencegah efek seperti lendir meningkat, Smart Mom bisa memberikan susu dengan tambahan bubuk kayu manis atau madu, dan sedikit jahe. Tapi ingat, hindari konsumsi susu yang ditambah gula atau pemanis buatan. Bagaimana Smart Mom, sudah tidak bingung lagi kan?

Prev Post

Smart Mom, Simak Yuk Beberapa Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

Next Post

Saat Jadi "Pelampiasan" Kekesalan Smart Mom, Ini yang Akan Dialami Si Kecil

SHARE TO