Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

3 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Baik

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
3 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Baik

Ada banyak hal yang harus dipikirkan lebih matang dalam mengatur keuangan keluarga. Idealnya keuangan keluarga dapat mencukupi segala kebutuhan seluruh anggota keluarga serta kebutuhan-kebutuhan lain yang sifatnya insidentil dan mendadak. Oleh  karena itu dibutuhkan kehati-hatian dan perencanaan lebih dalam pengaturannya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu mengatur keuangan keluarga lebih baik. Semoga bermanfaat ya, Smart Mom!

Memahami Cash Flow

Langkah pertama yang harus Smart Mom lakukan untuk mengatur cash flow adalah dengan mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki, pendapatan, dan juga mengetahui semua jumlah tagihan yang harus dibayarkan, seperti tagihan listrik, telepon, belanja bulanan, biaya kesehatan, bahkan sampai biaya servis kendaraan. Smart Mom juga harus selalu mengetahui jumlah hutang kartu kredit, cicilan rumah, atau cicilan kendaraan. Dengan mengetahui semua ini, Smart Mom bisa memperhitungkan kisaran pengeluaran yang harus dikeluarkan tiap bulannya dan dengan begitu dapat mengalokasikan pendapat secara tepat.

Financial Planning

Setelah memahami cash flow keluarga, dengan begitu Smart Mom mulai dapat merencanakan penggunaan uang tersebut. Aturlah uang yang Smart Mom dan keluarga miliki, tujukan kemana uang itu akan digunakan, kapan penggunaannya, dan juga berapa banyak jumlah uang yang akan disimpan. Persiapkanlah rencana keuangan yang realistis dan visioner. Pikirkanlah kebutuhan keluarga di masa depan dengan tanpa menelantarkan kebutuhan diri sendiri.

Start Saving

Sama halnya dengan mengatur keuangan pribadi, menabung juga sangat mutlak untuk dilakukan dalam mengatur keuangan keluarga. Banyak sekali manfaat memiliki tabungan, Smart Mom. Selain dapat digunakan untuk membiayai banyak hal di masa depan, memiliki tabungan juga bermanfaat ketika muncul biaya-biaya tidak terduga seperti biaya rumah sakit.

Prev Post

5 Tips Mendidik Buah Hati Menjadi Mandiri

Next Post

3 Tips Membagi Waktu Antara Karir dan Keluarga

SHARE TO