Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

5 Tips Ampuh agar Terhindar dari Hutang Menumpuk

Posted on 4 January 2019, 03:12 AM
5 Tips Ampuh agar Terhindar dari Hutang Menumpuk

Jika dikelola dengan bijak, hutang bisa jadi bernilai positif, dan bisa mendatangkan keuntungan. Tapi jika salah dalam mengelolanya, hutang malah bisa jadi beban. Bukan tidak mungkin Smart Mom pun harus pontang-panting ‘gali lubang, tutup lubang’ untuk menyeimbangkan neraca keuangan.

Smart Mom, agar tidak terjebak dalam hutang yang tidak kunjung habis, berikut merupakan trik ampuh terhindari dari belitan hutang yang menumpuk.

Selesaikan Hutang Dengan Cerdas

Untuk menyelesaikan hutang, Smart Mom harus menjalankan strategi jitu. Pertama, susun tingkat prioritas hutang yang harus dibayar, usahakan hutang yang akan jatuh tempo, atau hutang dengan bunga tertinggi. Setelah itu, selesaikan masalah tersebut satu per satu.

Jika memungkinkan dan dananya tersedia, Smart Mom bisa meminta percepatan pelunasan. Memang prosesnya agak ribet, tapi jika disetujui, justru ini akan membuat satu beban menghilang.

Cari Tambahan Pemasukan

Dalam neraca keuangan, untuk menambah pemasukan bisa dilakukan dengan 2 cara, pertama dengan menambah income atau pendapatan bulanan. Trik ini bisa dilakukan dengan bekerja keras melakukan pekerjaan sampingan, atau meningkatkan target pendapatan per bulan.

Cara kedua, Smart Mom bisa mengurangi pengeluaran. Misalnya, dengan memangkas anggaran akhir pekan, menunda rencana liburan, dan lainnya. Intinya, buat pengeluaran agar lebih sedikit.

Jual Aset

Cek kembali aset yang Smart Mom miliki. Misal, jika di rumah ada 2-3 kendaraan, 1 mobil dan 2 sepeda motor, sebaiknya jual mobil dan gunakan sepeda motor untuk keperluan transportasi.

Selain mendapat aliran dana segar, keputusan ini pun akan membuat Smart Mom lebih hemat karena hilang satu aset (mobil), sama dengan kehilangan biaya perawatan dan biaya bensin harian. Tapi ingat, jangan jual aset vital dan aset produktif, pilih aset yang tidak berkembang saja.

Berhenti Membayar dengan Minimum Payment

Banyak orang yang memiliki utang, lebih memilih untuk membayar dengan minimum payment. Umumnya, hal ini dilakukan agar mereka tidak sampai dikejar debt collector. Mungkin prinsipnya, yang penting tetap dicicil, perkara lama atau sebentar, itu urusan belakangan.

Padahal menyegerakan membayar hutang merupakan cara terbaik untuk menjaga kepercayaan dari pihak pemberi hutang, sekaligus membuat Smart Mom lebih tenang karena hutang yang sudah terselesaikan.

Tutup Kartu Kredit

Kartu kredit memang memudahkan siapapun untuk bertransaksi. Tapi yang jadi masalah, banyak orang yang terlalu nyaman dengan kartu kredit, sehingga mereka tidak sadar telah menumpuk terlalu banyak hutang. Maka dari itu, sebaiknya pertimbangkan untuk menutup sejumlah akun kartu kredit Smart Mom.

Selain itu, menutup kartu kredit merupakan salah satu bukti keseriusan Smart Mom untuk mewujudkan impian terbebas dari jeratan hutang. Semoga bermanfaat!

Prev Post

Tips Menyiapkan Dana Renovasi Rumah

Next Post

Smart Mom, Jangan Habis-Habisan Belanja Jelang Tahun Baru Ya!

SHARE TO