Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ajari Anak Gemar Menabung dengan Cara Ini Smart Mom!

Posted on 22 September 2017, 07:03 AM
Ajari Anak Gemar Menabung dengan Cara Ini Smart Mom!

Bukan rahasia lagi jika mengajari anak menabung merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia parenting. Dengan belajar menabung, anak secara tidak langsung diajarkan untuk mengelola keuangan sendiri dan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Dilansir dalam treasurer.franklincountyohio.gov, berikut merupakan beberapa trik cerdas yang bisa dilakukan agar Si Kecil lebih gemar menabung.

Manfaatkan Uang Kembalian

Saat Si Kecil jajan dan ada kembaliannya, dorong dia untuk menyimpan uang kembalian tersebut ke dalam tabungannya, berapapun nominal yang dia terima.

Harapannya, setelah ini Si Kecil akan terbiasa menyimpan uangnya, setidaknya 10 persen dari uang jajannya. Selain itu, Smart Mom pun bisa memberi pengertian jika konsep utama menabung adalah, "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit."

Mulai dari Rumah

Selain dimulai dari uang recehan, kebiasaan baik menabung pun bisa dimulai dari rumah dengan menggunakan celengan, atau bahkan toples bekas.

Setelah nominal tabungannya cukup besar dan siap membuka rekening sendiri, tidak ada salahnya Smart Mom mulai mengajarkan Si Kecil untuk menabung di Bank. Tapi ingat, sebelum itu perkenalkan dulu dia dengan Bank lewat kebiasaan Smart Mom menabung di sana.

Beri Pengertian dan Motivasi

Ini penting untuk dilakukan sejak awal. Sebelum memulai menabung, Smart Mom harus memberikan pengertian sederhana jika menabung merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan uang demi mendapatkan sesuatu, misalnya dia harus menabung untuk membeli boneka baru dan lainnya.

Gunakan bahasa yang sederhana agar dia akan lebih termotivasi untuk terus menyimpan uangnya, baik dalam celengan, atau bisa juga langsung di Bank.

Hadiah

Setelah uang tabungannya cukup besar, Smart Mom bisa menawarkan Si Kecil untuk mengambil dan menggunakan uang tabungannya tersebut. Biarkan dia memilih hadiah yang diinginkannya.

Setelah itu, bangun pengertian jika uang tabungan sebaiknya digunakan secara bijak, bukan untuk dihamburkan atau dibelikan barang-barang yang tidak berguna.

Prev Post

Si Kecil Gemar Olahraga? Berikut Tips Mencuci Pakaiannya Agar Terhindar dari Bau Keringat

Next Post

Smart Tips Agar Anak Senang Membaca

SHARE TO