Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Setelah ada Anak?

Posted on 5 June 2018, 08:32 AM
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Setelah ada Anak?

Setelah menikah dan punya anak, Smart Mom mungkin harus mempersiapkan strategi keuangan yang lebih matang. Pasalnya, sekarang Smart Mom tidak hanya berpikir bagaimana untuk hidup bersama pasangan saja, tapi juga harus memikirkan anak dan masa depannya.

Berikut merupakan cara mengatur keuangan keluarga sesaat setelah hadirnya anak dalam kehidupan rumah tangga Smart Mom.

Membuat Daftar Prioritas Pengeluaran

Mungkin daftar prioritas sudah biasa dibuat saat Smart Mom dan pasangan baru menikah dulu. Tapi untuk sekarang, Smart Mom harus melakukan beberapa penyesuaian karena hadirnya sang buah hati.

Misal, jika sebelumnya diapers, perlengkapan mandi anak, bedak, minyak telon dan lainnya, tidak termasuk dalam daftar prioritas pengeluaran, maka sekarang semua kebutuhan tersebut harus mulai diperhitungkan. Mau tidak mau, untuk menutupnya Smart Mom harus mengorbankan pos-pos pengeluaran sebelumnya.

Lakukan Penghematan

Seperti disebutkan di atas, untuk menutup pengeluaran baru karena hadirnya anak, Smart Mom harus memangkas daftar pengeluaran sebelumnya. Misalnya, jika Smart Mom terbiasa hangout dan makan di luar di akhir pekan, maka sekarang kurangi kebiasaan tersebut untuk memenuhi pengeluaran tersebut.

Kalau memungkinkan, Smart Mom bisa mencari pos pendapatan tambahan, misalnya dengan membuat usaha sampingan, atau mencari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih tinggi.

Miliki Investasi Pendidikan

Ini penting Smart Mom! Meskipun Si Kecil baru lahir dan masih ada waktu beberapa tahun lagi untuk bisa masuk sekolah, biaya pendidikannya harus sudah dipersiapkan. Selain itu, biaya pendidikan pun cenderung naik setiap tahunnya. Untuk menyeimbangkannya, simpanan uang saja tidak akan efektif.

Untuk itu, segera buat rencana pendidikan dan miliki investasi pendidikan. Yang paling sederhana, Smart Mom bisa mengalihkan simpanan uang di Bank ke dalam bentuk simpanan emas.

Tambahkan Dana Darurat

Tanggung jawab besar yang harus dipikul Smart Mom akan jauh lebih tinggi dengan hadirnya anak. Untuk mencover tanggung jawab tersebut, menambahkan dana darurat merupakan hal yang wajib dilakukan.

Dana darurat sendiri berguna untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan dalam kondisi darurat yang tidak dicakup oleh asuransi. Idealnya, untuk keluarga dengan satu anak, Smart Mom harus memiliki dana darurat 6-9 kali lebih besar dari pengeluaran bulanan.

Dengan perencanaan yang matang, Smart Mom akan lebih siap menghadapi berbagai masalah finansial, termasuk kondisi darurat yang membutuhkan biaya tinggi.

Prev Post

Cara Mengatur Keuangan Ibu Zaman Dulu Ini Masih Relevan Dipakai di Zaman Now!

Next Post

Tips Siasati Anggaran Belanja Lebaran

SHARE TO