Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Begini Cara Ajarkan Anak Mengelola Uang

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
Begini Cara Ajarkan Anak Mengelola Uang

Mengajarkan anak untuk bisa mengatur keuangan adalah hal yang perlu diterapkan sejak dini. Memperkenalkan uang kepada anak serta mengajarkan cara menggunakan dan mengelolanya dengan baik merupakan salah satu upaya kita sebagai orang tua dalam mendidik anak. Dengan cara ini, anak akan mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengelola keuangan serta lebih bijak dalam mengambil berbagai keputusan untuk membelanjakan uang.

Salah satu hal yang wajib diajarkan Smart Mom kepada anak dalam mengelola keuangan adalah menabung. Pengenalan menabung bertujuan agar anak tidak boros, menghargai uang, dan dapat memahami pentingnya menyimpan uang untuk masa depan.

Pada umumnya anak akan meminta dibelikan mainan atau benda lain yang mereka inginkan, dari hal kecil tersebut kita dapat mengajarkan mereka tentang kebutuhan atau keinginan. Ajarkan mereka bahwa yang harus didahulukan adalah sesuatu yang dibutuhkan, bukan sesuatu yang diinginkan.

Ketika anak sudah mulai sekolah, Smart Mom pasti memberi mereka uang jajan, kita bisa ajarkan mereka untuk mengelola uang tersebut dengan baik. Beritahu anak untuk selalu menyisihkan uang jajannya agar jika di kemudian hari anak ingin berbelanja sesuatu, mereka dapat membelinya sendiri. Dengan anak menabung dan membeli sesuatu dari hasil tabungannya, mereka dapat merasa bangga dan otomatis menghargai uang dan barang yang mereka beli.

Prev Post

Anak Gemar Main Game Online, Baik Atau Buruk?

Next Post

Les Tambahan, Perlu atau Tidak?

SHARE TO