Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini Gaya Hidup Yang Bisa Membuat Kantong Lebih Sehat

Posted on 1 February 2019, 04:02 AM
Ini Gaya Hidup Yang Bisa Membuat Kantong Lebih Sehat

Ada sebuah ideom populer yang belakangan ini kerap dijadikan meme yang populer di dunia maya. “Jika untuk membiayai hidup, gaji bulanan pasti akan cukup. Tapi jika digunakan untuk membiayai gaya hidup, sebanyak apapun uang pasti akan habis!”

Artinya, untuk bisa menjaga keuangan keluarga Smart Mom lebih sehat, hal pertama yang harus dilakukan adalah, kendalikan gaya hidup Smart Mom dan keluarga dengan cara berikut ini.

Pahami Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pahami dulu kondisi keuangan Smart Mom. Sebaiknya fokus dulu untuk memenuhi kebutuhan hidup bulanan, dan menabung. Lupakan dulu belanja, memanjakan diri dengan barang-barang branded, dan hangout tiap akhir pekan.

Pastikan Menyiapkan Dana Darurat

Salah satu ciri kondisi finansial Smart Mom dalam kondisi sehat adalah, memiliki tabungan dan punya dana darurat sebanyak 3 kali dari jumlah pemasukan keluarga Smart Mom setiap bulannya. Itu artinya, dana darurat sangat penting dan harus dimiliki.

Agar tidak tergoda untuk menggunakannya, sebaiknya pisahkan dana darurat dalam ATM terpisah. Kalau bisa, gunakan bank yang tidak memungut biaya admin per bulan, atau pilih bank dengan biaya admin kecil.

Mulai Berinvestasi

Investasi merupakan hal yang penting dilakukan. Ada banyak instrumen investasi yang bisa Smart Mom pilih, dari mulai bermain saham, membeli properti dan lainnya. Apapun jenis investasi yang dipilih, pastikan Smart Mom benar-benar menguasainya.

Jika ingin investasi yang minim risiko dan mudah diuangkan, investasi emas bisa jadi solusi. Jika ingin investasi yang memberi keuntungan secara berkala, bermain saham bisa jadi pilihan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Sebelum berbelanja, atau membeli sebuah produk, sebaiknya berpikir ulang apakah Smart Mom benar-benar membutuhkannya, atau ini hanya sekedar keinginan saja. Jika masuk dalam kategori kebutuhan, cek kembali apakah ini masuk dalam kebutuhan mendesak atau kebutuhan yang bisa ditunda.

Dengan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, Smart Mom akan lebih selektif dan hati-hati dalam menggunakan uang. Dengan cara ini, yakin kondisi keuangan Smart Mom akan berangsur sehat. Selamat mencoba!

Prev Post

Ini Kebiasaan Buruk Yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Next Post

Minuman Panas dan Makanan Pedas Bisa Sebabkan Kanker Mulut. Benarkah?

SHARE TO