Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Ini Kebiasaan Buruk Yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Posted on 1 February 2019, 04:00 AM
Ini Kebiasaan Buruk Yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Tagihan listrik merupakan salah satu sumber keuangan yang biasa bikin ibu rumah tangga mengalami sport jantung setiap bulan. Bagaimana tidak, meskipun kita sudah merasa berhemat semaksimal mungkin, terkadang ada saja masalah yang membuat tarif listrik menjadi bengkak.

Jika selama ini Smart Mom sudah merasa berhemat tapi nyatanya tarif listrik terus membengkak, mungkin beberapa kebiasaan buruk yang ini harus segera dihindari.

Tidak Mengontrol Lampu

Lampu merupakan salah satu bagian perangkat sederhana, tapi tidak sadar akan membuat tagihan listrik terus membengkak. Meskipun hanya sekitar 5-20 watt yang digunakan, tapi jika jumlahnya cukup banyak, tentu saja ini akan memakan pengeluaran listrik yang cukup tinggi.

Solusinya, sebaiknya segera gunakan lampu LED yang terbukti jauh lebih hemat dan memiliki tingkat penerangan yang cukup baik. Selain itu, matikan lampu yang tidak digunakan dan matikan sejak jam 5 pagi, dan baru menyala sekitar jam 6-7 malam.

Tidak Melepas Colokan Rice Cooker

Dalam kondisi warm,  rice cooker biasanya menghabiskan daya sebesar 70 watt. Cukup kecil memang, tapi jika Smart Mom terus menyalakan rice cooker dalam waktu lama, jumlah pengeluaran listrik yang digunakan cukup besar lho.

Solusinya, sebaiknya matikan rice cooker sesaat setelah selesai menanak nasi. Jika keluarga lebih suka nasi panas, Smart Mom bisa menghangatkannya sekitar 30 menit sebelum jam makan tiba,

AC Paling Sulit Hemat Listrik

Jika dibandingkan dengan perangkat elektronik lainnya, pengeluaran listrik untuk AC memang tergolong sulit dikendalikan. Coba saja bayangkan, untuk rata-rata AC 1 PK, jumlah listrik yang digunakan bisa mencapai 700 watt.

Solusinya, sebaiknya gunakan AC saat dibutuhkan saja, misalnya saat cuaca dengan sangat panas. Selain itu, Smart Mom bisa menanam tanaman di halaman depan rumah atau kebun belakang untuk memberikan sensasi adem yang lebih alami.

Kulkas Model Lama Boros Listrik

Rata-rata listrik yang digunakan untuk menghidupkan kulkas 1 pintu model lama mencapai 50-80 watt, sedangkan untuk kulkas 2 pintu, biasanya memakan daya sekitar 100-120 watt.

Solusinya, jika Smart Mom masih menggunakan kulkas model lama, sebaiknya segera ganti dengan kulkas model terbaru yang lebih ramah listrik. Selain itu, sebaiknya Smart Mom jangan terlalu sering membuka kulkas karena saat kulkas terbuka, banyak daya yang terbuang percuma. Selamat mencoba!

Prev Post

Tertarik Investasi Bitcoin? Jangan Lupa Perhitungkan Risikonya

Next Post

Ini Gaya Hidup Yang Bisa Membuat Kantong Lebih Sehat

SHARE TO