Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Panduan Menyusun Resolusi Keuangan 2023

Posted on 18 January 2023, 11:28 AM
Panduan Menyusun Resolusi Keuangan 2023

Awal tahun 2023 telah tiba dan inilah saat yang tepat untuk Smart Mom mempersiapkan resolusi keuangan keluarga. Mempersiapkan resolusi menjadi penting karena di tahun 2023 ini ada salah satu tantangan besar, yaitu isu resesi yang membuat pengelolaan keuangan harus benar-benar diprioritaskan. Untuk itu, Smart Mom sebaiknya mempersiapkannya dengan baik. Berikut adalah panduannya.

 

  1. Tentukan tujuan finansial 

 

Setiap orang pasti ingin mencapai impian tertentu pada tahun yang baru. Segera tulis segala keinginan Smart Mom tahun 2023 ini dan bisa dimulai dari hal remeh-temeh sampai yang membutuhkan dana besar. Menulis daftar keinginan bisa membantu menentukan kebiasaan finansial Anda sepanjang tahun ini. Seperti, Smart Mom menjadi bisa tahu jumlah uang yang perlu ditabung tiap bulan atau memilih jenis investasi yang cocok untuk mencapai keinginan tersebut.

 

  1. Hemat pengeluaran dan bayar utang

 

Penghematan pengeluaran bisa dilakukan dengan cara mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting seperti nongkrong di café dan rutin membawa bekal makan siang dari rumah. Untuk mereka yang mempunyai utang besar, membayar utang harus menjadi prioritas di tahun ini. Jika dirasa perlu, Smart Mom disarankan untuk mau mengorbankan pengeluaran lain supaya bisa mengurangi tagihan atau utang yang sudah tertunda pembayarannya. 

 

  1. Siapkan dana darurat

 

Dalam menjalani kehidupan pasti akan ada banyak hal tak terduga yang mengharuskan untuk merogoh kocek cukup dalam. Contoh, reparasi kendaraan bermotor yang mendadak mogok, membetulkan atap rumah yang selalu bocor saat musim hujan tiba, atau saat ada anggota keluarga yang sakit parah. Di saat-saat seperti itulah dana darurat dibutuhkan. 

 

Saat dana darurat sudah ada, Smart Mom pasti akan lebih siap menghadapi kejadian tidak terduga. Aturan umum dalam menyediakan dana darurat adalah Smart Mom sebaiknya memiliki dana darurat dengan nilai setara tiga sampai enam kali penghasilan bulanan.

 

  1. Mulai berinvestasi

 

Smart Mom disarankan untuk tidak hanya mengandalkan tabungan untuk berinvestasi karena bunganya lebih kecil dibandingkan inflasi tahunan. Untuk investor pemula, bisa memulai dengan berinvestasi pada produk rendah risiko seperti obligasi, reksa dana pasar uang, dan reksa dana pendapatan tetap. Satu hal yang harus diingat adalah jangan mengutamakan penghasilan keluarga dari investasi karena ada resiko yang harus dihadapi. Tiap investasi ada resikonya masing-masing, seperti deposito yang bergantung pada suku bunga yang sedang berlaku. Saat suku bunga naik, keuntungan yang didapat akan naik. Tapi saat suku bunga turun, maka keuntungan yang didapat akan menurun. 

 

  1. Konsisten

 

Menyusun daftar resolusi keuangan pada tahun baru memang hal yang penting. Tetapi harus diingat, konsisten dalam menjalankannya adalah hal yang paling utama yang harus Smart Mom lakukan. Smart Mom bisa membuat jurnal keuangan agar keuangan keluarga menjadi lebih teratur.

 

Semoga panduan ini bermanfaat untuk Smart Mom semua dalam menyusun resolusi keuangan di tahun ini sehingga lebih siap menghadapi 2023. Selamat mencoba!

 

Pastikan hasil cucian lebih bersih dan higienis, dengan selalu menggunakan Attack Anti Bau Hygiene Plus Protection, ampuh melindungi dari 7 jenis kuman* penyebab bau. Untuk hasil cucian bersih, lebih lembut dan wangi, gunakan Attack Anti Bau Plus Softener yang dilengkapi dengan kandungan ekstra pelembut yang mampu merawat dan melembutkan pakaian sampai ke serat kain sehingga nyaman dipakai. Lengkapi dengan Pewangi Pelembut Attack Fresh Up sehingga pakaian lebih mudah disetrika dan mendapat perlindungan anti bau hingga 48 jam sejak digunakan.

 

* Telah diuji terhadap E.coli, S.aureus, P.aeruginosa, S.typhimurium, E.faecalis, E.hirae, S.epidermidis

Prev Post

Tips Hemat Jelang Musim Liburan Akhir Tahun

Next Post

Cucian Menumpuk Selepas Liburan Akhir Tahun? Begini Tips Mencucinya

SHARE TO