Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Smart Mom, Siapa yang Seharusnya Pegang Kendali Keuangan Keluarga?

Posted on 22 August 2019, 10:55 AM
Smart Mom, Siapa yang Seharusnya Pegang Kendali Keuangan Keluarga?

Ketika menikah, tak ada lagi aku-kamu, melainkan kita. Meski terbilang romantis, kenyataan ini malah membingungkan pasangan baru, khususnya saat mengelola urusan finansial. Siapa yang pantas memegang keuangan keluarga? Smart Mom atau pasangan?

Perencana keuangan independen dan technopreneur Melvin Mumpuni ST., MBA., QWP mengatakan suami dan istri semestinya menjadi tim ideal untuk mengurus keuangan keluarga. Jadi dua-duanya harus mau bekerja sama untuk mengatur keuangan keluarga. Ada pun alasan-alasan yang mendasari pendapat tersebut, antara lain:

  • Menekan risiko kesalahpahaman

Beda persepsi dan kesalahpahaman akan jauh berkurang bila Smart Mom dan pasangan membuat anggaran bersama dan mengevaluasi urusan finansial secara berkala. Smart Mom dapat memulainya dengan mencatat pemasukan dan

pengeluaran harian yang nantinya dapat dianalisis untuk mengatur pendapatan bulanan bersama.

  • Meningkatkan kekompakan pasangan

Ada banyak cara yang dapat Smart Mom dan pasangan lakukan untuk meningkatkan kebersamaan. Salah satu di antaranya adalah menangani keuangan bersama. Smart Mom dan pasangan akan saling terbuka seputar penghasilan masing-masing (kalau kedua belah pihak bekerja). Jadi tak ada yang merasa curiga ada yang menyembunyikan sesuatu.

  • Menyelesaikan masalah keluarga

Ekonomi merupakan salah satu faktor pemicu keributan keluarga. Namun, Smart Mom dapat mengatasi hal tersebut sejak dini dengan mengajak pasangan membicarakan perihal keuangan bersama. Beberapa masalah keuangan yang dapat ditangani bersama mencakup utang konsumtif (cicilan mobil, KTA, dan lain sebagainya), utang kartu kredit, dan penghasilan yang belum cukup.

  • Mewujudkan tujuan keuangan

Financial planning yang dibina ternyata akan membantu Smart Mom mewujudkan sejumlah tujuan keuangan. Antara lain biaya pendidikan anak, bujet untuk melunasi utang KPR, dana darurat keluarga, hingga tabungan untuk liburan. Jadi Smart Mom dan pasangan tak perlu berandai lama-lama saat akan merealisasikan mimpi.

  • Mencapai kebebasan keuangan

Apa Smart Mom ingin punya waktu bersenang-senang tanpa memikirkan pekerjaan? Atau sekadar meluangkan waktu bersama keluarga? Langkah mudah untuk mendapatkan kondisi financial freedom adalah mengatur keuangan bersama. Smart Mom dan pasangan dapat mengalokasikan biaya sesuai kebutuhan agar mendapatkan kebebasan yang ingin dicapai.

Prev Post

Tips Menjaga Warna Pakaian Batik Tetap Cerah

Next Post

Tips Menabung Paling Mudah untuk Membeli Rumah

SHARE TO