Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Smart Moms, Yuk Kenali 5 Produk Investasi Ini!

Posted on 22 May 2018, 03:51 AM
Smart Moms, Yuk Kenali 5 Produk Investasi Ini!

Salah satu cara untuk menjaga nilai uang adalah dengan melakukan investasi. Bahkan jika tepat dalam memilih produk investasi, jumlah uang yang Smart Mom miliki bisa jadi lebih banyak.

Nah Smart Mom, sebelum memilih produk investasi mana yang akan dipilih, kita simak yuk 7 produk investasi yang wajib Smart Mom kenali.

Deposito

Dibanding dengan tabungan, deposito dianggap lebih efektif untuk Smart Mom yang ingin menyimpan dana dalam jangka pendek hingga menengah (1-12 bulan), dengan risiko yang sangat minim.

Salah satu kelebihan deposito yaitu bunganya lebih tinggi ketimbang tabungan. Makanya, jika produk investasi ini sangat cocok dipilih untuk Smart Mom yang baru belajar berinvestasi.

Reksa Dana

Jika Smart Mom punya modal terbatas untuk berinvestasi, reksa dana bisa jadi pilihan. Dengan modal yang cukup mimim (sekitar Rp 100.000), Smart Mom berkesempatan untuk meningkatkan kembali jumlah modal tersebut sesuai dengan profil risiko yang dipilih.

Untuk saat ini, ada 4 jenis reksa dana yang bisa dicoba, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana saham.

Obligasi

Obligasi adalah surat utang jangka menengah-panjang yang dikeluarkan oleh pemerintah ataupun perusahaan swasta. Biasanya, produk investasi ini disertai dengan janji dari pihak yang mengeluarkannya untuk membayar bunga dan pokok hutang pada pemilik obligasi dalam periode waktu tertentu.

Umumnya ada 3 jenis jenis obligasi yang biasa dipilih, yakni obligasi korporasi, obligasi pemerintah, dan obligasi ritel.

Saham

Saham merupakan invetasi dengan nilai risiko cukup tinggi, tapi menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Makanya, sebelum memutuskan untuk menanam saham, ada baiknya Smart Mom belajar dulu melakukan analisa terkait potensi perusahaan tempat Smart Mom akan menanamkan uang.

Umumnya ada dua jenis keuntungan yang bisa Smart Mom peroleh lewat investasi saham ini, yakni dividen atau pembagian keuntungan dan capital gain atau selisih harga jual dan harga beli saham.

Emas Batangan

Ada yang bilang emas batangan masuk dalam produk investasi, tapi ada juga yang setuju jika emas batangan masuk dalam instrumen untuk menjaga nilai uang tetap baik.

Emas batangan memiliki nilai risiko yang sangat kecil dan sangat mudah diuangkan. Keuntungan lainnya, nilai uang pun akan tetap terjaga, dan sangat cocok dipilih untuk investasi jangka panjang.

Prev Post

Cara Mengajarkan Keuangan pada Anak Sambil Berbelanja

Next Post

Kriteria Memilih Tabungan untuk Si Kecil

SHARE TO