Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Menabung Paling Mudah untuk Membeli Rumah

Posted on 22 August 2019, 10:57 AM
Tips Menabung Paling Mudah untuk Membeli Rumah

Smart Mom sedang mulai atau masih berniat menabung untuk rumah? Apapun jawabannya, Smart Mom tak perlu khawatir! Walaupun harga rumah sekarang terbilang gila-gilaan, tapi bukan berarti mustahil untuk bisa terwujud, kok. Dan supaya impian keluarga cepat terwujud, berikut ini ada beberapa tips menabung yang mudah dan sederhana.

Yuk, simak tipsnya dan terapkan!

  1. Investasi sedini mungkin

Walaupun menabung dan investasi sebenarnya adalah dua hal yang berbeda, keduanya sama-sama memberikan manfaat di masa depan dengan menggunakan dana yang Smart Mom miliki. Oh iya, Smart Mom tak perlu takut, karena investasi saat ini bisa dilakukan tanpa harus keluar uang sampai puluhan juta, apalagi ratusan juta. Soalnya, banyak investasi terpercaya dengan instrumen bermodal kecil. Jenis investasi bukan hanya investasi saham, ya. Investasi saham memang lebih menguntungkan, tapi risikonya juga lebih besar. Jadi, untuk Smart Mom yang masih awam, sebaiknya pilih investasi yang lebih aman, seperti reksadana.

  1. Berhemat

Ingat bahwa hemat pangkal kaya, Smart Mom! Akan tetapi, hemat bukan berarti pelit, ya. Sebab, berhemat berarti bahwa Smart Mom mengurangi jumlah pengeluaran dengan bijak tanpa mengorbankan kebutuhan. Kalau ditelusuri lebih jauh lagi, artinya Smart Mom perlu membedakan mana yang menjadi kebutuhan, dan apa yang sekadar menjadi keinginan.

Pada dasarnya, kebutuhan adalah hal-hal yang harus dipenuhi, seperti makan dan sanitasi. Sementara itu, keinginan merupakan pengeluaran yang selalu bisa ditunda dan tidak bersifat darurat, seperti liburan atau nonton di bioskop.

  1. Buat rencana keuangan tiap bulannya

Dengan adanya rencana keuangan, Smart Mom akan lebih cermat dalam mengatur pengeluaran agar dana yang disisihkan untuk tabungan rumah tidak akan terpakai untuk pengeluaran lainnya. Sebab, ingat bahwa idealnya menabung adalah langsung menentukan nominal yang akan disimpan, dan sisanya dapat digunakan untuk pengeluaran lainnya. Jadi, jangan tunggu menabung sampai ada uang sisa di akhir bulan, ya!

  1. Buat rekening tabungan khusus.

Kalau Smart Mom khawatir dana tabungan tercampur dengan dana yang khusus disiapkan untuk pengeluaran harian atau pendidikan anak, Smart Mom bisa buat rekening tabungan yang terpisah dan khusus untuk membeli rumah. Kalau perlu, pilih jenis tabungan yang tidak bisa dengan mudah diakses dananya, misal tidak menggunakan kartu ATM atau kalau ada pun pilih yang batas penarikannya paling minim.

Alternatifnya, pilih tabungan berjangka yang tidak bisa ditarik sampai masa tabungannya berakhir, misalnya enam bulan atau satu tahun.

Jadi, rumah impian keluarga bisa segera terwujud, kan?

Prev Post

Smart Mom, Siapa yang Seharusnya Pegang Kendali Keuangan Keluarga?

Next Post

Radiasi Microwave Bisa Picu Penyakit Kanker, Mitos atau Fakta?

SHARE TO