Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Menghemat Pengeluaran Keluarga Dimulai dari Dapur

Posted on 24 January 2020, 03:08 PM
Tips Menghemat Pengeluaran Keluarga Dimulai dari Dapur

Apa akhir-akhir ini Smart Mom merasa pengeluaran bulanan melebihi pemasukan? Atau tiba-tiba harus menguras tabungan akibat keperluan mendadak? Membiarkannya terlalu lama malah akan mengganggu kondisi finansial hingga masa depan si Kecil. Jadi, Smart Mom perlu mengambil tindakan cepat buat menghemat anggaran supaya kembali stabil.

Satu hal yang tak disadari banyak orang adalah penghematan ternyata dapat dimulai dari tempat tersibuk di rumah: dapur! Langkah apa saja yang kira-kira bakal menyelamatkan keuangan keluarga yang dapat Smart Mom terapkan dari dapur?

  • Susun daftar belanja dan menu

Menyusun daftar belanja sekaligus menu makan dalam periode tertentu rupanya akan membantu Smart Mom mengelola anggarannya, lho. Menyiapkan makan-minum tanpa kedua hal ini cenderung membuang bahan makanan sekaligus uang yang dipakai buat membelinya.

  • Pesan dan beli bahan baku secara online

Siapa bilang hanya pakaian saja yang bisa dibeli online? Sekarang udah ada banyak e-commerce atau mal online yang menyediakan bahan baku segar dengan harga terjangkau. Memesannya secara online pun akan menghemat ongkos dan meringankan beban Smart Mom yang kerja dari rumah.

  • Masak sesuai porsi yang dibutuhkan

Prinsip lebih baik lebih ketimbang kurang sebaiknya cepat-cepat dibuang kalau Smart Mom pengin hidup hemat tanpa tersiksa. Yuk, mulai masak sesuai kebutuhan supaya tak ada makanan yang terbuang.

  • Simpan bahan baku dengan tepat

Bahan-bahan seperti buah, sayur, dan daging yang cepat kadaluarsa sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara sebelum diletakkan di freezer. Pastikan juga Smart Mom tidak menumpuknya sembarangan untuk menghindari kebocoran atau percampuran bahan lainnya.

  • Mempelajari trik-trik memasak

Ada banyak ‘jurus’ memasak yang bisa Smart Mom pelajari untuk menghemat pengeluaran keluarga. Misalnya, tutup panci saat merebus untuk menghindari panas terbuang. Matikan api sebentar kala Smart Mom menumis sebelum memasukkan bahan lain.

  • Olah sisa makanan yang layak santap

Leftovers atau sisa makanan yang layak santap masih bisa Smart Mom olah lagi menjadi hidangan baru. Misalnya memakai ayam goreng sisa sebagai bahan baku nasi tumis atau butter rice. Bahkan kuah sup bisa menjadi bahan buat mengolah bakwan gurih dengan tambahan sayur dan daging!

Tidak sulit buat dipraktikan, bukan? Mudah-mudahan informasi ini membantu Smart Mom berhemat tanpa menurunkan kualitas makanan, ya!

Prev Post

Cara Mencuci Kain Brokat Serta Tips Merawatnya

Next Post

Homemade Burger Ayam, Lezat dan Sehat untuk Bekal Sekolah Si Kecil

SHARE TO