Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Menyiapkan Dana Renovasi Rumah

Posted on 4 January 2019, 03:10 AM
Tips Menyiapkan Dana Renovasi Rumah

Awalnya hanya berencana untuk mengganti satu tiang saja, pas diperiksa ternyata ada beberapa tiang lainnya yang sudah keropos, dan berbahaya jika terus dibiarkan. Alhasil, anggaran yang sudah dipersiapkan pun jadi membengkak.

Tidak mau kan kejadian ini menimpa Smart Mom? Agar lebih efektif, berikut merupakan tips menyiapkan dana renovasi rumah.

Konsultasikan dengan Pakar

Sebelum memulai proses renovasi, sebaiknya Smart Mom memanggil dulu ahli bangunan. Jika dananya terbatas, cukup panggil tukang yang sudah berpengalaman dan terpercaya saja. Setelah itu, minta dia untuk memeriksa kondisi rumah Smart Mom dengan terperinci, terutama di area yang akan direnovasi.

Setelah itu, minta dia untuk memperhitungkan mana saja bagian yang harus segera direnovasi, dan bagian mana yang bisa ditunda. Minta juga perkiraan sisa usia atau kekuatan bagian tersebut!

Pertimbangkan Bahan Bangunan Bekas

Jika masih bisa digunakan, dan kualitasnya masih sangat baik, sebaiknya gunakan bahan bangunan yang ada. Misalnya kayu kelapa yang awalnya digunakan untuk kuda-kuda, bisa dipotong dan diolah untuk digunakan sebagai penyangga.

Jika akan mengganti semua kuda-kuda dan rangka rumah, dengan rangak besi, Smart Mom bisa memanfaatkan sisa rangka dan kuda-kuda kayu sebagai bahan kusen, atau diolah jadi bahan lainnya.

Gunakan Bahan Yang Berkualitas

Setelah trik tambal sulam diperhitungkan, saatnya Smart Mom menghitung biaya total yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah. Biaya yang dibutuhkan di sini, tentu saja khusus untuk bagian-bagian yang harus diganti saja.

Jangan lupa, pastikan memilih bahan yang berkualitas baik. Mahal sedikit tidak masalah, yang penting bahan tersebut memiliki usia pakai yang lebih panjang, dan tentu saja lebih aman saat digunakan.

Siapkan Dana

Setelah jumlah dana yang dibutuhkan untuk renovasi rumah sudah didapat, saatnya Smart Mom mulai mempersiapkan sumber dananya. Sumber dana renovasi ini sebaiknya didapat dari pos pemeliharaan rumah dan furnitur. Jika tidak ada, atau jumlahnya masih kurang, bisa menggunakan dana darurat.

Perlu diingat, sebaiknya sediakan dana berlebih untuk jaga-jaga. Besaran dana jaga-jaga ini bervariasi, dari mulai 30-50 persen. Bahkan kalau ada, siapkan dana jaga-jaga hingga 70 persen.

Prev Post

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Anak Jaman Now

Next Post

5 Tips Ampuh agar Terhindar dari Hutang Menumpuk

SHARE TO