Tips Pintar Mempersiapkan Budget Liburan Keluarga

Posted on 5 January 2018, 01:03 PM
Tips Pintar Mempersiapkan Budget Liburan Keluarga

Saat libur panjang, banyak orang yang melakukan liburan bersama dengan keluarganya masing-masing. Percayalah, mereka tidak melakukan ini dengan tiba-tiba, tapi acara liburan yang mereka lakukan berasal dari rencana keuangan yang dilakukan jauh-jauh hari.

Nah Smart Mom, biar liburan keluarga nanti menyenangkan, dilansir dalam liputan6.com, berikut beberapa tips pintar mempersiapkan budget liburan keluarga.

Rencanakan Dengan Matang

Buka dulu kalender dan lihatlah jadwal libur panjang beberapa bulan ke depan. Setelah itu, diskusikan tentang destinasi wisata yang akan dikunjungi, berapa prediksi biaya yang harus disiapkan dan lainnya.

Untuk perinciannya, Smart Mom bisa mengaturnya dengan cara membaginya beberapa kelompok. Misalnya, 20 persen biaya transportasi, 20 persen biaya penginapan, 30 persen biaya makan, 15 persen untuk beli oleh-oleh, serta 15 persen untuk biaya cadangan.

Mulai Menabung

Setelah anggaran biaya yang dibutuhkan siap dan rencana waktu liburan sudah fix, saatnya Smart Mom mulai mempersiapkan dana liburan. Untuk sumber dananya, bisa diambil dari dana liburan yang sudah disediakan, atau bisa memangkas memangkas dana hangout, memotong uang belanja dan lainnya.

Tapi ingat, beberapa pos seperti tabungan dan investasi jangan sampai diganggu. Selain itu, pastikan dana darurat masih tersedia dan tidak tersentuh dalam rencana liburan ini.

Bagaimana Jika Tidak Ada Dana Liburan Sama Sekali?

Jika tidak ada dana liburan atau dananya tidak mencukupi, berarti Smart Mom tidak merencanakan liburan ini dengan baik, atau liburan ini merupakan rencana dadakan. Dalam kasus ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari destinasi wisata dengan budget minim.

Berikut merupakan trik liburan menyenangkan bersama keluarga, dengan budget yang minim.

1. Lakukan perjalanan ke tempat wisata terdekat, yang bisa ditempuh dalam hitungan jam.

2. Lakukan kegiatan wisata one day trip atau kunjungan satu hari tanpa menginap.

3. Gunakan alat transfortasi pribadi, seperti mobil atau sepeda motor.

4. Tekankan kepada seluruh anggota keluarga jika perjalanan wisata ini hanya untuk liburan, bukan untuk jajan atau membeli oleh-oleh.

5. Pastikan Smart Mom membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Intinya, pastikan perjalanan wisata yang Smart Mom lakukan tidak menghabiskan banyak biaya. Selamat berlibur!

Prev Post

Hati-hati Smart Mom, Ini Tanda Keuangan Keluarga Anda Tidak Sehat!

Next Post

Awal Tahun, Yuk Buat Perencanaan Keuangan yang Baru!

SHARE TO