Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Pintar Mengatur Budget Liburan Keluarga

Posted on 30 October 2019, 02:59 PM
Tips Pintar Mengatur Budget Liburan Keluarga

Manajemen keuangan adalah salah satu kunci yang akan menjaga keharmonisan rumah tangga. Kalau sampai berantakan, kebutuhan tidak akan terpenuhi dan menjadi pemicu masalah dalam keluarga.

Maka, penting buat mempelajari pengaturan uang di rumah tangga, termasuk saat Smart Mom dan pasangan ingin berlibur bersama si Kecil. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi di bawah ini, yuk!

  1. Susun daftar pos pengeluaran

Apa saja kebutuhan yang harus Smart Mom penuhi dalam sebulan? Supaya tak ada yang terlewat, susun daftar pos pengeluaran beserta biaya yang dianggarkan. Dari sini, Smart Mom akan tahu ke mana saja penghasilan dikeluarkan. Pangkas beberapa hal yang menurut Smart Mom sifatnya kurang urgen atau bisa ditunda, lalu alokasikan uangnya ke tabungan liburan.

  1. Menyiapkan kalender tagihan

Masih bingung menentukan prioritas bulanan? Mungkin kalender tagihan dapat membantu Smart Mom untuk menemukan pengeluaran apa saja yang harus diutamakan. Beri tanda kapan Smart Mom harus membayar tagihan listrik, air, gas, uang sekolah anak, asuransi, dan lain sebagainya. Sehingga saat mendapat gaji, Smart Mom bisa langsung membaginya sesuai pos.

  1. Rancang anggaran keluarga

Smart Mom yang punya cicilan di luar pos kebutuhan bulanan harus menghitung berapa banyak uang yang disisihkan dari penghasilan. Sebagai ilustrasi, keluarga yang memiliki cicilan asuransi dan kartu kredit perlu memastikan total cicilan yang nantinya dikeluarkan tak lebih dari 30% dari total pendapatan. Smart Mom juga perlu mempertimbangkan anggaran untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang seperti dana darurat dan investasi.

  1. Pakai metode cicilan buat berlibur

Metode alternatif yang dapat membantu Smart Mom adalah mengikuti program cicilan yang ditawarkan beberapa aplikasi traveling atau agen travel. Biasanya, mereka menyediakan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Smart Mom dan besaran yang dapat dipenuhi per bulan. Bahkan Smart Mom bisa tahu kapan jadwal berlibur tadi bisa dilaksanakan.

  1. Amati prioritas masa kini dan nanti

Menentukan prioritas jangka pendek dan panjang menjadi hal berikutnya yang akan mempengaruhi agenda liburan keluarga. Karena setiap rumah tangga mempunyai kebutuhan berbeda, maka Smart Mom harus membicarakannya dengan pasangan sampai menemukan kesepakatan. Jangan paksakan diri apabila ternyata tak bisa menabung dalam jumlah besar. Selama konsisten, Smart Mom dan keluarga pasti bisa mewujudkannya, kok!

Semoga tips di atas membantu Smart Mom merealisasikan liburan bersama keluarga tanpa harus mengacaukan kondisi finansial, ya!

Prev Post

Tips Persiapan Anak Camping di Sekolah

Next Post

Trik Mengelola Uang Hasil Arisan agar Tidak Cepat Habis

SHARE TO