Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Trik Mengelola Uang Hasil Arisan agar Tidak Cepat Habis

Posted on 30 October 2019, 03:00 PM
Trik Mengelola Uang Hasil Arisan agar Tidak Cepat Habis

Arisan dianggap sebagai kegiatan kumpul-kumpul menyenangkan sekaligus menguntungkan. Selain bertemu dengan teman atau kerabat, Smart Mom juga berpeluang mendapatkan sejumlah uang dari sistem undi yang membuat arisan semakin seru.

Sayangnya, saat mendapatkan nominal uang yang cukup besar, beberapa orang jadi lupa diri. Mereka pun membelanjakannya untuk hal-hal yang kurang dibutuhkan. Sebelum Smart Mom ikutan kalap, yuk intip tips mengelola uang arisan supaya awet berikut ini!

  • Pakai uang untuk prioritas

Sudah lama berencana membeli mesin cuci baru? Atau mengganti pintu yang rusak? Ketika mendapatkan uang arisan, segera alokasikan untuk prioritas-prioritas yang Smart Mom targetkan sejak lama. Jika masih ada sisa, Smart Mom bisa menggunakannya untuk keperluan lain atau disetor lagi untuk pembayaran arisan periode berikutnya.

  • Kontrol keinginan foya-foya

Euforia mendapatkan uang banyak ada kalanya sulit dikendalikan. Smart Mom mungkin langsung memikirkan pengin beli ini-itu begitu mendapatkan uang. Dalam situasi seperti ini, penting bagi Smart Mom buat mengendalikan keinginan berfoya-foya. Kesenangan dari nafsu belanja mendadak hanya akan berlangsung sementara dan berakhir pada penyesalan.

  • Simpan untuk tabungan

Jika Smart Mom ingin membeli sesuatu yang harganya cukup tinggi, segera tabungkan uang yang diperoleh dari arisan. Pengaturannya bisa 50:50 atau 60:40, tergantung kebutuhan Smart Mom. Akan lebih mudah lagi kalau Smart Mom menentukan dulu tujuan mengikuti arisan, sehingga uang yang nantinya didapatkan bisa segera dialokasikan.

  • Jangan beli barang mahal

Mempunyai produk mewah biasanya hanya memenuhi ego semata meski sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Jadi, mulailah kendalikan nafsu belanja Smart Mom dari barang-barang yang mencekik dompet kalau tak mau uang arisan ludes dalam hitungan detik.

  • Alokasikan untuk investasi

Zaman sekarang berinvestasi bisa dilakukan siapa pun, bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Smart Mom bisa mengikuti program di bank atau asuransi dan menyesuaikan iurannya.

Selain dalam bentuk uang, arisan juga bisa berupa logam mulia dan produk bernilai lainnya. Jenis apa pun yang Smart Mom ikuti, pastikan untuk tetap teratur bayar dan bisa mengontrol kemauan belanja agar tak kalap, ya!

Prev Post

Tips Pintar Mengatur Budget Liburan Keluarga

Next Post

Resep Spaghetti Aglio Olio ala Rumahan yang Istimewa

SHARE TO