Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Bau Asap Rokok Menempel di Baju, Bisa Picu Kerusakan Otak!

Posted on 6 September 2019, 10:08 AM
Bau Asap Rokok Menempel di Baju, Bisa Picu Kerusakan Otak!

Asap yang menempel di permukaan pakaian, Smart Mom dapat membawa dampak negatif. Hal tersebut diperkuat dengan studi yang dilakukan Universitas California, Riverside, Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian tersebut, kasus yang dinamakan third hand smoke itu berisiko terhadap kesehatan. Kira-kira, sejauh mana efek samping asap rokok pada pakaian?

Bahaya asap rokok yang menempel pada pakaian

Riset pun dilakukan dengan menganalisis dampak asap rokok yang menempel di pakaian maupun furnitur rumah terhadap tikus. Enam bulan berselang, tikus dalam penelitian menunjukkan kerusakan sel otak dan hati. Mereka pun mengalami peningkatan level kortisol, melemahnya daya tahan tubuh, hingga meroketnya resistensi insulin sebagai salah satu faktor diabetes melitus tipe 2, Smart Mom.

Manuela Martins-Green selaku penulis riset tersebut percaya bila third hand smoke merupakan racun yang mampu mengancam nyawa seseorang secara perlahan. Pasalnya, penyerapan racun bisa terjadi melalui sistem pernapasan dan kulit tanpa harus merokok langsung.

Kemudian, Smart Mom, kandungan beracun dalam asap rokok rupanya bisa bertahan di permukaan benda selama bertahun-tahun. Sisa asap tembakau pun bakal bercampur dengan debu, lalu mengendap di permukaan atau malah menembus dinding kering. Lantas saat dipadukan dengan polutan yang ada di dalam ruangan, asap rokok berpeluang merusak DNA hingga menyebabkan kanker.

Dalam hal ini, Martins-Green dan rekan satu timnya mengambil sampel otak, darah, dan hati tikus pada berbagai interval sepanjang riset berlangsung. Tikus mengalami kenaikan protein hingga 50% pada satu bulan pertama yang kemudian memicu peradangan pada hati dan darah dibandingkan tikus yang tidak terpapar asap rokok. Kemudian pada bulan kedua, ada kenaikan kerusakan pada sel hati dan otak. Di bulan keempat, hewan tersebut lebih rentan mengidap diabetes.

Di sisi lain, ilmuwan masih perlu menyelidiki dampaknya pada manusia langsung dalam periode yang sama atau lebih mengingat pendewasaan manusia lebih lama dibandingkan tikus. Meski demikian, para periset berharap hasil penelitian tersebut dapat membuka mata masyarakat akan bahaya asap rokok.

Apalagi ada studi yang berkaitan dengan third hand smoke pada anak-anak yang disekitar perokok. Kadar nikotin pada anak-anak yang terkena paparan asap rokok ternyata bisa tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan orang dewasa yang aktif merokok.

Yuk Smart Mom selalu terapkan pola hidup sehat. Smart Mom berhak loh meminta agar keluarga tidak merokok di dalam rumah demi kesehatan bersama. Jaga juga kebersihan pakaian dengan rutin mencucinya menggunakan deterjen Attack Anti Bau yang membersihkan hingga ke serat kain dan melindungi dari kuman penyebab bau. Pakaian wangi segar sepanjang hari.

Prev Post

Seberapa Pentingkah Menghadiri Acara Reuni Sekolah?

Next Post

Masker Kain Harus Rutin Dicuci! Ini Alasannya

SHARE TO