Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Haruskah Batik Dicuci dengan Tangan?

Posted on 11 November 2019, 03:41 PM
Haruskah Batik Dicuci dengan Tangan?

Pakaian batik merupakan salah satu pakaian yang memerlukan perawatan khusus agar tetap tampak bagus dan tidak mengurangi kualitasnya. Pencucian pakaian batik terkadang sulit ya Smart Mom. Hal ini karena batik cenderung mengalami pemudaran warna saat dicuci. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai cara merawat batik, termasuk teknik pencuciannya :

Hindari menggunakan mesin cuci

Seperti yang Smart Mom ketahui, mesin cuci menjadi alat bantu untuk mencuci yang lebih praktis dan meringkas waktu. Namun untuk pakaian tertentu seperti batik, sebaiknya Smart Mom menghindari penggunaan mesin cuci untuk mencucinya. Hal ini karena penggunaan mesin cuci dapat berpotensi merusak serat-serat pada pakaian batik yang biasanya memiliki serat yang relatif tipis. Jadi, untuk batik, Smart Mom disarankan untuk mencucinya dengan tangan agar lebih awet.

Menggunakan detergen khusus

Kualitas kain dan warna dari pakaian batik Smart Mom dapat selalu terjaga bila mencucinya dengan menggunakan deterjen khusus untuk batik yaitu Attack Batik Care. Deterjen khusus batik ini memiliki formula yang lembut dan dapat merawat warna batik agar tidak kusam atau luntur, serta menjaga tekstur kain batik Smart Mom tidak berkerut ataupun berbulu. Jangan khawatir soal bersih dan wanginya, deterjen Attack Batik Care dapat membersihkan dengan baik dan memiliki wangi lembut.

Pisahkan pencucian dengan baju lainnya

Tips lainnya yang dapat Smart Mom terapkan saat mencuci pakaian batik adalah dengan mencucinya secara terpisah dengan pakaian berbahan lain. Beberapa bahan pakaian bersifat mudah luntur saat dicuci. Untuk menghindari terjadinya luntur pada pakaian batik, akan lebih baik jika Smart Mom memisahkan baju sebelum mencucinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna asli dari pakaian batik Smart Mom. 

Prev Post

Jangan Cuma Ampuh Basmi Noda, Deterjen Juga Harus Ramah Lingkungan

Next Post

Tak Perlu ke Laundry, Ini Cara Merawat Baju Berbahan Halus

SHARE TO