Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Kesalahan dalam Mencuci Masker Kain Ini Sebaiknya Dihindari

Posted on 30 August 2021, 01:31 PM
Kesalahan dalam Mencuci Masker Kain Ini Sebaiknya Dihindari

Pada masa seperti sekarang ini, masker menjadi salah satu alat pelindung diri yang wajib kita kenakan saat beraktivitas di luar rumah. Bahkan tidak hanya satu masker, kita pun disarankan untuk menggunakan 2 masker untuk bisa meminimalisir penularan, yaitu masker medis di bagian dalam, yang dilapisi dengan masker kain di bagian luar.

 

Untuk masker medis, Smart Mom disarankan untuk hanya memakainya satu kali saja kemudian langsung membuangnya. Sedangkan masker kain bisa Smart Mom cuci kemudian kita pakai kembali. Walaupun bisa dicuci, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya Smart Mom ketahui agar masker kain tetap steril, bersih dan nyaman untuk dikenakan.

 

Berikut adalah beberapa kesalahan dalam mencuci masker kain yang sebaiknya dihindari.

 

  1. Memakai air dingin

Memakai air dingin saat mencuci masker sebaiknya dihindari karena air dingin kurang maksimal dalam membunuh virus yang mungkin menempel pada masker kain. Karena itulah, kita disarankan untuk mencuci masker dengan air hangat pada suhu sekitar 56 derajat. Dilansir dari laman situs Kompas, hasil uji yang dilakukan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menunjukkan bahwa suhu 56 derajat celcius cukup tinggi untuk membunuh virus SARS, virus yang mirip dengan Covid-19.

 

  1. Mencampur proses pencucian dengan pakaian

Hindari mencuci masker kain dengan mencampurnya bersama pakaian kotor karena bisa mengkontaminasi pakaian yang dicuci bersamaan dengan masker, begitu juga sebaliknya.

 

  1. Tidak maksimal saat proses pengeringan

Daniel Griffin, seorang pakar penyakit menular, mengungkapkan bahwa proses pengeringan usai mencuci masker harus diperhatikan. Saat mengeringkan masker kain, keringkan di tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari. Jika sulit mendapatkan paparan sinar matahari, gunakan mesin pengering dengan pengaturan suhu paling tinggi untuk membasmi semua patogen yang tersisa pada masker.

 

  1. Memakai pemutih

Karena kita perlu bernapas melalui masker kain, terkadang untuk jangka waktu yang lama, kita sangat disarankan untuk tidak mencucinya dengan bahan pembersih yang keras, seperti pemutih.

 

Lalu, dengan apa sebaiknya kita mencuci masker kain?

 

Smart Mom cukup menggunakan deterjen Anti Bau Hygiene Plus Protection, yang mampu membersihkan noda hingga serat terdalam, 30% lebih efektif melindungi dari kuman* dan  bau sehingga masker lebih terjaga kebersihan dan higienitasnya.

 

Semoga informasinya bermanfaat ya!

 

*dibandingkan dengan varian lain

Prev Post

3 Camilan Praktis yang Bisa Smart Mom Buat Bersama Si Kecil di Rumah

Next Post

Tips Pintar Mencuci Pakaian dengan Tangan agar Bersih Maksimal

SHARE TO