Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Mencuci Kaftan Kesayangan Berbahan Sifon

Posted on 23 May 2019, 03:48 PM
Tips Mencuci Kaftan Kesayangan Berbahan Sifon

Kaftan atau busana muslim berbahan sifon (Chiffon) masih jadi favorit banyak wanita untuk beribadah di bulan Ramadan, bahkan kerap digunakan untuk merayakan lebaran. Tentu saja pilihan ini disebabkan karena material sifon yang terkenal ringan dan adem saat dikenakan.

Meskipun begitu, sebelum mencuci kaftan berbahan sifon, ada baiknya Smart Mom mengetahui dulu jenis sifon yang bisa digunakan untuk bahan kaftan, misalnya, silk sifon yang terkenal halus dan ringan. Material ini sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan, bukan mesin cuci.

Kemudian ada juga material rayon crepe, atau sutra sintetis. Bahan ini terkenal sangat halus, tapi hati-hati saat mencuci dan proses pengeringan. Pasalnya, panas berlebih bisa menyebabkan bahan ini menciut dan materialnya cepat rusak.

Cara Mencuci Kaftan Sifon

Untuk mencuci kaftan sifon, hal pertama yang harus diperhatikan adalah selalu gunakan deterjen cair yang diciptakan khusus untuk mencuci dan merawat pakaian berbahan halus, yaitu Attack Batik Care yang diformulasikan langsung dari Jepang. Selanjutnya, berikut langkah pencuciannya.

  • Pisahkan pakaian ini dengan jenis pakaian lainnya, dan cara mengucek sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati.
  • Rendam kaftan dalam larutan deterjen selama 15-20 menit. Ingat, jangan terlalu lama karena akan membuat material kaftan cepat lunak dan merusak serat kainnya.
  • Setelah itu, kucek secara perlahan. Fokuskan kucekan di area yang terlihat sangat kotor.
  • Sebaiknya kaftan jangan diperas dengan dipelintir, tapi diremas-remas atau bisa juga diurut dari atas ke bawah agar sisa deterjennya keluar.
  • Bilas hingga bersih di bawah air mengalir. Saat diperas sama seperti di atas, yakni jangan dipelintir, tapi diremas-remas atau diurut dari atas ke bawah.
  • Keringkan pakaian dengan cara diangin-anginkan di area terbuka dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya gantungkan pakaian pada pipa seperti menjemur kain sarung.

Setelah kering, simpan pakaian dengan cara digantungkan menggunakan hanger. Jika akan disimpan dalam waktu lama, gunakan pelindung plastik untuk melapisinya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Attack Batik Care yang mampu merawat warna dan melindungi kain berbahan halus seperti kaftan.

Prev Post

Inilah Cara Terbaik Mencuci dan Merawat Peci Agar Harum dan Awet

Next Post

Mau Mukena Satin Tetap Cantik? Ikuti Tips Ini!

SHARE TO