Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Tips Merawat Karpet Sesuai Jenis Materialnya

Posted on 19 January 2021, 01:02 PM
Tips Merawat Karpet Sesuai Jenis Materialnya

Karpet sebaiknya dirawat sesuai dengan jenis materialnya karena jika tidak maka justru karpet akan rusak. Nah, agar karpet di rumah tetap terjaga kualitas dan kebersihannya, berikut adalah tips merawat dan membersihkan karpet sesuai dengan jenisnya.

  1. Karpet Wol

Karpet yang terbuat dari bahan wol terdiri atas serat-serat yang mudah kotor dan menimbun debu. Karena itulah, kita perlu membersihkan karpet wol secara teratur supaya aman untuk kesehatan seluruh anggota keluarga. Untuk membersihkan debu, Smart Mom bisa menggunakan vacuum cleaner, tapi ingat jangan terlalu sering karena justru bisa merusak serat karpet.

Untuk area yang terkena noda, Smart Mom bisa membersihkannya dengan campuran air dan detergen Attack Anti Bau, yang ampuh menyingkirkan noda hingga ke serat terdalam dengan formula Max Power. Kucek perlahan atau usap menggunakan tangan. Hindari penggunaan sikat ya Smart Mom, karena bisa merusak karpet. Selesai dibersihkan, jemurlah karpet di bawah matahari sampai seluruh permukaan karpet kering.

  1. Karpet Bulu Sintetis

Agar karpet bulu sintetis tetap lembut, Smart Mom juga disarankan untuk membersihkan karpet dengan cara yang tepat. Untuk membersihkannya, Smart Mom cukup mengibaskan karpet untuk menyingkirkan debu. Tapi jika debu cukup banyak, Smart Mom bisa menggunakan sikat lembut.

Jika ada noda, Smart Mom bisa menggunakan campuran cuka, baking soda dan air kemudian gosok perlahan dengan sikat lembut ke permukaan yang terkena noda. Selesai membersihkan noda, jemur karpet sampai seluruh permukaanya kering. Jangan lupa juga untuk menjemur minimal satu kali seminggu untuk menghilangkan bakteri dan kuman.

  1. Karpet Sisal

Karpet yang terbuat dari bahan dasar tumbuhan sisal dan dibentuk dengan teknik anyaman juga harus tepat perawatan dan cara membersihkannya. Jika ingin membersihkan karpet sisal, hindari mencucinya dengan air karena karpet ini mudah mengembang jika terkena air.

Cukup bersihkan dengan vacuum cleaner dengan kepala hisap standar dan hindari pemakaian sikat putar. Hindari pula pemakaian pemutih. Untuk noda basah, cukup serap dengan kertas tisu dan jika noda masih menempel, gunakan kain basah dan sedikit deterjen.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat, jika pembersihan karpet memakai deterjen, selalu gunakan deterjen Attack Anti Bau yang ampuh menyingkirkan segala noda membandel yang menempel di permukaan karpet hingga ke serat terdalam dengan formula Max Power.

Prev Post

4 Manfaat Memelihara Tanaman Dalam Ruangan di Rumah

Next Post

Infused Water Lebih Sehat Daripada Air Minum Biasa, Benarkah?

SHARE TO