Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

4 Manfaat Memelihara Tanaman Dalam Ruangan di Rumah

Posted on 19 January 2021, 12:59 PM
4 Manfaat Memelihara Tanaman Dalam Ruangan di Rumah

Selain bisa menjadi tambahan hiasan di dalam ruangan, memelihara tanaman di rumah juga ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan kita. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah 4 manfaat memelihara tanaman dalam ruangan di rumah.

  1. Menghasilkan oksigen untuk kita bernapas

Kita bernapas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, tetapi tumbuhan dengan proses fotosintesis pada siang hari melakukan yang sebaliknya. Tumbuhan akan menghirup karbon dioksida di udara dan melepaskan oksigen sehingga asupan oksigen di dalam ruangan yang bisa kita hirup menjadi lebih terjamin.

Tapi ingat Smart Mom, tanaman memerlukan pencahayaan dari sinar matahari yang cukup untuk memaksimalkan proses fotosintesis. Selain itu, karena proses fotosintesis ini berhenti saat malam hari dan hampir semua jenis tanaman mulai menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, ada baiknya jika kita mengeluarkan tanaman tersebut keluar ruangan di malam hari.

  1. Membersihkan udara di dalam rumah

Polutan bisa menyebar di mana-mana, termasuk ruangan di dalam rumah. Selain adanya polutan, penurunan kualitas udara di dalam ruangan di rumah juga mungkin disebabkan zat kimia lainnya dari peralatan rumah tangga. Nah,untuk membersihkan udara, Smart Mom bisa meletakkan tanaman di dalam ruangan.

Sebuah riset yang dilakukan oleh NASA menunjukkan bahwa tanaman dapat membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap berbagai partikel polutan di udara.  Berdasarkan sebuah peneltian yang dilansir dari laman situs hellosehat.com, ada beberapa jenis tanaman yang bisa Smart Mom pilih sebagai pembersih udara di dalam ruangan, seperti tanaman Spider Plant, Sirih Gading, dan Lidah Mertua.

  1. Bantu kurangi risiko gangguan saluran pernafasan

Gangguan saluran pernapasan biasanya berhubungan dengan kualitas udara, yang ada di sekitar kita. Gangguan saluran pernapasan umumnya diawali dengan masuknya kuman bersama dengan partikel debu yang kemudian menyebabkan infeksi atau memicu terjadinya asma.

Untuk mengurangi resiko gangguan saluran pernapasan, meletakkan tanaman di dalam rumah bisa menjadi solusi. Tanaman akan mengurangi partikel debu dengan cara meningkatkan kelembaban udara, melalui penguapan air dari akar atau tanah yang tersimpan pada pot tanaman.

  1. Bantu perbaiki kondisi psikologis

Berada di taman atau ruangan yang memiliki tanaman bisa membantu menenangkan pikiran dan dapat memperbaiki mood. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), ada banyak manfaat dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang, seperti meningkatkan rasa kepercayaan diri, mengurangi stress dan kecemasan, merasakan kebugaran, membantu menenangkan pikiran dan membuat optimisme, meningkatkan konsentrasi dan fokus, dan meningkatkan kemampuan mengingat.

Selain meletakkan tanaman di dalam ruangan, wangi segar menyenangkan dari Attack Fresh Up juga bisa membantu meningkatkan mood seluruh anggota keluarga lho, Smart Mom. Karena itu, pastikan untuk selalu melengkapi proses pencucian pakaian seluruh anggota keluarga dengan pewangi dan pelembut pakaian Attack Fresh Up.

Itulah 4 manfaat memelihara tanaman dalam ruangan di rumah. Karena terbukti bermanfaat, yuk mulai memelihara tanaman dalam ruangan di rumah, Smart Mom!

Prev Post

Tips Singkirkan Kerut Pakaian Tanpa Setrika

Next Post

Tips Merawat Karpet Sesuai Jenis Materialnya

SHARE TO