Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Begini Cara Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan

Posted on 26 September 2022, 09:03 AM
Begini Cara Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan

Sikap ramah lingkungan harus kita lakukan dimanapun dan kapan pun, termasuk saat berwisata di lokasi wisata. Hal ini penting untuk dilakukan agar lingkungan lokasi wisata tetap terjaga kebersihan kelestariannya. Bagaimana cara menjadi wisatawan yang ramah lingkungan? Simak caranya di bawah ini yuk, Smart Mom!

 

  1. Tidak Memakai Barang Sekali Pakai

Cukup banyak wisatawan yang cenderung memilih barang sekali pakai saat berwisata karena dinilai lebih praktis dan tidak merepotkan. Tapi ingat, penggunaan barang sekali pakai, seperti plastik sekali pakai, bisa menjadi salah satu penyumbang utama pencemaran lingkungan.

 

Karena itulah, mari mulai sekarang mengurangi penggunaan plastik dan barang sekali pakai lainnya di mana pun dan kapan pun, termasuk saat Smart Mom berwisata bersama keluarga. Contohnya Smart Mom bisa membawa alat makan sendiri, membawa botol minuman dan sedotan sendiri, serta membawa tas belanja sendiri saat berwisata.

 

  1. Hemat Listrik di Tempat Menginap

Sudah bukan rahasia lagi, penghematan listrik adalah salah satu upaya pelestarian lingkungan yang paling efektif. Nah, pada saat Smart Mom dan keluarga tercinta menginap di hotel atau penginapan,  memiliki banyak kesempatan untuk menghemat energi dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti mematikan tv saat tidak ditonton, atau mematikan AC dan alat listrik lainnya saat keluar dari kamar hotel atau penginapan. 

 

  1. Memanfaatkan Fitur e-Ticket

Masifnya pemakaian kertas menyebabkan tingkat penebangan hutan semakin hari semakin mengkhawatirkan. Karena itulah, mengurangi pemakaian kertas bisa menjadi salah satu aksi ramah lingkungan karena bisa mendukung pelestarian hutan. 

 

Salah satu hal sederhana yang bisa Smart Mom lakukan adalah dengan tidak mencetak tiket perjalanan dan memaksimalkan fitur e-ticket dalam berbagai kesempatan saat berwisata, seperti tiket transportasi sampai tiket masuk destinasi wisata yang akan dikunjungi bersama keluarga.

 

  1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

 

Menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola wisata , tapi juga harus menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk para wisatawan. Menjaga kebersihan lingkungan lokasi wisata bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Meski mungkin terdengar sepele, dampak yang ditimbulkan tentunya sangat besar, baik bagi kesehatan maupun kelestarian lingkungan.

 

  1. Jalan Kaki atau Gunakan Transportasi Umum

 

Sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang emisi karbon terbesar. Nah, Smart Mom dan keluarga bisa berkontribusi memangkas pemakaian emisi karbon dengan meminimalisasi penggunaan kendaraan pribadi saat ingin mengunjungi lokasi wisata.

 

Smart Mom bisa beralih ke transportasi umum atau bahkan mungkin bisa berjalan kaki saat menuju ke lokasi-lokasi wisata. Tidak hanya bisa meminimalisasi polusi lingkungan, Smart Mom dan keluarga juga bisa menjelajah tempat wisata cantik yang mungkin tidak bisa dilalui oleh kendaraan pribadi. 

 

Itulah cara menjadi wisatawan yang ramah lingkungan yang bisa Smart Mom dan keluarga

terapkan saat berwisata nanti. Semoga informasinya bermanfaat dan untuk mendukung

kelestarian lingkungan, gunakan selalu detergen yang ramah lingkungan yaitu deterjen yang formulanya bebas fosfat, seperti Attack Sensor Matic.

Prev Post

Tips Mudah Atur Waktu agar Pekerjaan Tidak Menumpuk

Next Post

Tanda-tanda Si Kecil Stres & Tips Pintar untuk Mengatasinya

SHARE TO