Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Benarkah Menahan Napas Bisa Mengatasi Cegukan?

Posted on 20 October 2020, 04:24 PM
Benarkah Menahan Napas Bisa Mengatasi Cegukan?

Hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Walaupun cukup menggangu, cegukan sebenarnya normal dan biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Namun ternyata sampai saat ini banyak sekali anggapan yang beredar di masyarakat seputar cegukan. Salah satunya adalah anggapan yang mengatakan bahwa menahan napas bisa mengatasi cegukan. Benarkah anggapan ini? 

Dilansir dari laman situs lidik.id, Tyler Cymet, kepala pendidikan kedokteran di American Association of Colleges of Osteopathic Medicine, mengatakan bahwa ia sudah melakukan studi selama 5 tahun dan melibatkan 54 pasien rumah sakit dengan cegukan. Tetapi ia tidak menemukan satu pun teknik yang terbukti efektif menghilangkan cegukan, termasuk menahan napas.

Pendapat berbeda disampaikan oleh dr Mahatma Sotya Bawono, SpTHT dari RS Akademik UGM Yogyakarta di situs detikHealth, metode menahan napas bisa digunakan untuk mengatasi cegukan. Caranya, menahan napas selama mungkin, yang diikuti dengan gerakan menelan ketika cegukan muncul. Atau menahan napas selama mungkin yang diikuti hembusan panjang dan ditahan selama mungkin.

Lalu, pendapat mana kah yang harus kita ikuti? Walaupun ada pendapat bahwa menahan napas untuk menghentikan cegukan belum terbukti, tidak ada salahnya jika kita mencobanya. 

Jika cegukan tidak juga reda, ada baiknya jika Smart Mom memeriksakannya ke fasilitas medis terdekat untuk mendapat solusi terbaik. Semoga informasinya bermanfaat! 

Prev Post

Tips Membersihkan Noda Membandel di Kamar Mandi

Next Post

Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Milenial dengan Orang Tua Terdahulu

SHARE TO