Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Benarkah Wortel Bisa Mempertajam Penglihatan?

Posted on 4 January 2019, 10:23 AM
Benarkah Wortel Bisa Mempertajam Penglihatan?

Selama ini banyak anggapan bahwa wortel sangat baik untuk mempertajam pernglihatan. Bahkan saking populernya, sampai ada jokes yang mengatakan, kelinci setiap hari makan wortel jadi tidak ada yang menggunakan kaca mata.

Apakah benar wortel mampu mempertajam penglihatan?

Mitos terkait wortel bisa mempertajam penglihatan mata sebenarnya sudah beredar sejak Perang Dunia II, ketika itu Jerman sangat kewalahan karena pasukan Inggris selalu mengetahui kedatangan pesawat tempur mereka, meskipun pesawat tersebut datang di malam hari.

Rumor pun beredar jika seorang prajurit Inggris dikenal punya kemampuan melihat dalam gelap (night vision), berkat kegemarannya mengonsumsi wortel. Padahal faktanya, Inggris sudah memiliki teknologi radar pemantau pesawat, sehingga kedatangan pesawat Jerman selalu mampu mereka deteksi.

Wortel merupakan merupakan sumber beta-karoten, nutrisi yang akan diolah tubuh menjadi vitamin A. Smart Mom pernah kan ketika pulang dari luar dengan cuaca terik, tiba-tiba masuk ke dalam rumah, dan ruangan terasa sangat gelap? Nah, vitamin A dalam wortel ini bekerja untuk meningkatkan kinerja reseptor sel foto, agar perpindahan dari ruangan terang ke ruangan gelap berjalan lebih cepat.

Kondisi serupa terjadi saat Smart Mom berkendara di malam hati, tiba-tiba wajah tersorot lampu dari kendaraan arah berlawanan. Dalam beberapa saat, Smart Mom akan merasa tidak bisa melihat, lalu secara perlahan penglihatan tersebut kembali normal.

Selain meningkatkan kinerja reseptor sel foto, fungsi vitamin A pun diakui cukup vital untuk mata. Menurut professor Keith West, dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, kekurangan vitamin A terkait dengan risiko rabun senja, dan masalah kesehatan mata lainnya.

Tapi ingat Smart Mom, tidak cukup dengan vitamin A saja. Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika fungsi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, butuh dukungan dari sumber nutrisi lainnya, seperti jeruk yang mengandung vitamin C dan flavonoid.

Selain itu, mata pun butuh nutrisi lainnya, seperti vitamin E, zinc, lutein, zeaxanthin, dan omega-3, yang bisa Smart Mom dapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan makanan sehat lainnya.

Prev Post

Mau Rayakan Tahun Baru dengan Bakar Ikan? Pakai Resep Ini, Smart Mom!

Next Post

Deodorant Bisa Sebabkan Kanker, Mitos atau Fakta?

SHARE TO