Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Minum Kopi

Posted on 8 May 2018, 12:03 PM
Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Minum Kopi

Kandungan kafein tidak hanya ampuh untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi saja, kopi pun bisa digunakan sebagai mood booster untuk meningkatkan suasana hati. Karena khasiatnya ini, beberapa ibu hamil kemudian memutuskan untuk rutin mengonsumsi kopi agar mood mereka tetap terjaga.

Konsumsi Kopi Berlebih Berisiko Tinggi

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Obesity, menyebutkan jika anak yang terlahir dari ibu yang hobi mengonsumsi kafein (kopi, teh, cokelat dan lainnya) dalam jumlah berlebih, berisiko 89 persen mengalami obesitas dikemudian hari.

Dalam penelitian lainnya, konsumsi kopi berlebihan (lebih dari 200-300 mg per hari), 62 persen berisiko membuat usia kehamilan jadi lebih panjang juga dapat memicu kelahiran prematur.

Selain itu, menurut penelitian dari The New Journal of Medicine, menyebut jika konsumsi kopi selama masa kehamilan, bisa meningkatkan risiko keguguran hingga 2 kali lipat ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Dalam penelitian ini, tim peneliti mnganalisa data kehamilan dan riwayat keguguran 562 wanita hamil di Amerika. Dan hasilnya, rata-rata mereka yang mengonsumsi kopi, setidaknya 8 cangkir per hari, memiliki risiko keguguran lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Jadi Boleh Tidak Konsumsi Kopi Selama Hamil?

Menurut Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Benny Johan Marpaung, Sp.OG, konsumsi kopi selama hamil sebenarnya tidak dilarang, tapi wajib dibatasi (tidak berlebihan). Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi maksimal 1-2 cangkir kopi per hari.

Hal yang sama diutarakan oleh The American College of Obstetricians and Gynecologists, yang menyebut ibu hamil boleh mengonsumsi kopi maksimal sebesar 200 mg per hari, atau setara dengan 2 cangkir kopi per hari (tergantung jenis kopi yang Smart Mom pilih).

Tapi kalau memang Smart Mom tidak terlalu membutuhkan atau memang sebelumnya tidak mengalami kecenderungan kecanduan kopi, mendingan jangan saja. Bagaimana menurut Smart Mom?

Prev Post

Tenangkan Balita yang Ngamuk Pakai Gadget, Bisa Bikin Mereka Sulit Konsentrasi?

Next Post

Buat Es Lolipop Pelangi Bersama Si Kecil Yuk, Mom!

SHARE TO