Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Cara Bijak Menghadapi Tetangga yang Suka Kepo

Posted on 29 November 2019, 10:35 AM
Cara Bijak Menghadapi Tetangga yang Suka Kepo

Dinamika dalam hidup bertetangga kadang sukar ditebak, ya, Smart Mom. Ada kalanya kita bertemu orang-orang yang menyenangkan buat diajak mengobrol, di lain waktu Smart Mom harus berhadapan dengan sosok keras kepala hingga pendiam. 

Lantas, apa yang akan terjadi kalau ternyata salah satu tetangga Smart Mom punya rasa penasaran tinggi alias kepo? Bagaimana sebaiknya Smart Mom menangani sikap tersebut secara bijak?

  1. Jangan terlalu sering diladeni

Salah satu tanda tetangga kepo adalah sering menanyakan hal-hal yang semestinya tak diurus. Misalnya, kenapa tetangga di depan rumahnya kerap berganti mobil atau mengungkapkan asumsi yang belum tentu benar. Alih-alih menanggapi, Smart Mom sebaiknya jawab sekenanya atau diamkan sekalian. Meladeni tipe orang seperti ini seperti menyiramkan bensin ke api yang sedang membara. Bisa bikin masalah sepele jadi besar!

  1. Boleh saja berbagi cerita, asalkan…

Bertukar kabar saat belanja atau mengawasi anak main di taman wajar saja, Smart Mom. Namun, Smart Mom harus hati-hati saat si tetangga kepo bergabung. Ketika dia mulai bertanya atau berbagi cerita, jangan ikut terpancing. Berikan informasi yang dibutuhkan saja dan hindari asumsi yang berpotensi dijadikan gosip oleh tetangga tersebut.

  1. Hindari interaksi yang tak penting

Menjalin pertemanan dengan tetangga kepo tanpa membatasi diri kemungkinan bakal mengubah kehidupan jadi toxic. Smart Mom yang awalnya tak terlalu menanggai gosip di kompleks mulai mencari tahu sampai rela menggali informasi dari siapa saja. Nah, sebelum ‘ketularan’, Smart Mom sebisa mungkin harus menghindari interaksi dengan tetangga tersebut. Misalnya hanya bertemu di acara-acara tertentu saja seperti rapat RT atau bakti sosial.

  1. Pertebal benteng kesabaran

Sulit dipungkiri kalau tetangga kepoan sangat menguji kesabaran. Apalagi kalau sewaktu-waktu Smart Mom yang dijadikan objek penderita. Dalam hal ini, Smart Mom perlu mempertebal benteng kesabaran buat menghadapi mereka. Kendalikan emosi, kalaupun ingin menegur atau membantah, setidaknya Smart Mom tak boleh terpancing, sehingga dapat meladeninya dengan kepala dingin.

Itulah tindakan-tindakan yang bisa Smart Mom ambil untuk menghadapi si tetangga yang suka kepo. Semoga membantu ya Smart Mom!

Prev Post

Resep Mudah Kue Cubit untuk Bekal Snack Sekolah Si Kecil

Next Post

Hangout dengan Sahabat Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental!

SHARE TO