Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Hangout dengan Sahabat Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental!

Posted on 29 November 2019, 10:38 AM
Hangout dengan Sahabat Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental!

Meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental (mental health awareness) beberapa tahun terakhir membuktikan bahwa masyarakat umum tak lagi menganggapnya sebagai masalah sepele. Menjaga kesehatan mental bisa dilakukan lewat kegiatan sehari-hari lho! Salah satu di antaranya adalah hang out dengan teman-teman dekat. 

Hang out untuk jiwa yang sehat

Kesempatan hang out dengan sahabat biasanya berkurang setelah Smart Mom memasuki usia produktif bekerja. Alasannya pun beragam, dari kesibukan kerja, jadwal yang selalu bentrok, hingga ada yang pindah ke luar kota.

Namun, kalau Smart Mom masih menjaga hubungan dengan beberapa teman, usahakan untuk selalu bertatap muka setidaknya satu kali sebulan. Mengapa? Pasalnya jalan-jalan atau refreshing bersama orang terdekat bakal membuat Smart Mom tetap waras di tengah kepadatan kerja.

Berdasarkan riset yang dilakukan Universitas Oxford, bersantai dengan teman-teman dekat dua kali seminggu saja akan meningkatkan kesehatan mental maupun fisik. Berbeda dengan mereka yang tak punya kawan atau jarang meluangkan waktu untuk sekadar menyegarkan pikiran. Orang-orang ini cenderung mudah stres hingga jatuh sakit.

Hasil penelitian tersebut ditemukan oleh profesor psikologi evolusi Dr. Robin Dunbar dan timnya. Selain itu, Robin mengatakan bahwa baik perempuan maupun laki-laki, yang mempunyai jaringan sosial besar dan terintegrasi baik akan memberikan dampak besar terhadap kesehatan mental maupun emosi.

Masih dari hasil penelitian tadi, dijelaskan bahwa laki-laki butuh setidaknya empat hingga lima sahabat untuk menjaga pergaulan secara teratur. Sementara perempuan lebih fokus memelihara hubungan dengan satu orang yang dianggap sebagai sahabat sejati.

Prev Post

Cara Bijak Menghadapi Tetangga yang Suka Kepo

Next Post

Cara Mencuci Sleeping Bag Agar Bebas Bau dan Bersih Maksimal

SHARE TO