Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Jus Buah Memang Baik, Tapi Perhatikan Ini Sebelum Memberikannya Pada Anak!

Posted on 21 September 2018, 11:09 AM
Jus Buah Memang Baik, Tapi Perhatikan Ini Sebelum Memberikannya Pada Anak!

Jus buah merupakan salah satu minuman yang disarankan untuk diberikan pada anak-anak. Selain menyegarkan dan rasanya yang lezat, jus buah pun mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem cerna Si Kecil.

Tapi ingat dan perhatikan ini sebelum memberikan jus buah pada anak.

Jangan Pakai Gula Tambahan

Menurut Dr dr Damayanti Sjarif SpA(K), dokter Spesialis Anak di Rumah Sakit Hermina, Jatinegara, Jakarta, buah-buahan umumnya sudah mengandung gula alami yang disebut fruktosa. Sama seperti gula lainnya, gula alami ini berfungsi sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas Si Kecil.

Makanya, agar Si Kecil tidak kelebihan kalori dan mencegah obesitas, sebaiknya konsumsi jus tanpa gula tambahan, baik gula yang berasal dari gula pasir ataupun gula dari krimer kental.

Batasi Porsinya

Selain menghindari penggunaan gula tambahan, sebaiknya Smart Mom pun membatasi porsinya. Idealnya, anak boleh mengonsumsi jus buah sekitar 120 cc saja. Selain itu, jus buah hanya boleh diberikan di sela jam makan saja (sekitar jam 9 pagi, dan jam 4 sore), bukan sebelum makan.

Menurut dr Damayanti, aturan ini dilakukan untuk menghindari anak yang menolak minum susu dan makanan lainnya karena sudah kenyang dengan jus buah.

Jangan Semuanya Dijus

Memberikan jus buah memang baik, dan Si Kecil pun pasti menyukainya. Tapi jangan terus-terusan diberi jus buah, takutnya Si Kecil jadi bosan. Sesekali Smart Mom pun bisa memberikan potongan buah segar yang ditata agar tampak menarik.

Intinya, dr Damayanti berpesan agar Smart Mom lebih kreatif mencari cara supaya anak mau mengonsumsi buah langsung, tidak hanya lewat jus saja.

Pastikan Gosok Gigi

Setelah mengonsumsi jus buah, pastikan Smart Mom mendorong Si Kecil untuk menggosok gigi, atau minimalnya berkumur agar sisa-sisa jus buahnya hilang. Pasalnya, menurut Karen Coates, dental adviser di British Dental Health Foundation, dalam buah-buahan terkandung gula yang bisa merusak gigi.

Selain itu, Karen pun menyarankan agar Smart Mom banyak memberikan buah dengan kandungan gula yang rendah, seperti stroberi, kiwi, pisang, semangka, pepaya, peach, atau pir. Selamat mencoba!

Prev Post

Smart Mom, Yuk Semarakan Akhir Pekan dengan Long Cheese French Fries

Next Post

Pensiun di usia 40an? Bisa Kok Smart Mom, Ini Strateginya!

SHARE TO