Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Kita yang Sudah Dewasa Tidak Perlu Vaksinasi, Benarkah?

Posted on 4 January 2019, 10:26 AM
Kita yang Sudah Dewasa Tidak Perlu Vaksinasi, Benarkah?

Vaksinasi merupakan langkah penting untuk menangkal penyakit tertentu, sesuai dengan jenis vaksin yang disuntikkan. Misalnya, vaksin polio untuk mencegah penyakit polio, dan lainnya. Kebanyakan proses vaksinasi pun dilakukan saat kita masih anak-anak.

Karena mayoritas vaksin diberikan pada anak-anak, lantas banyak orang yang mulai menyimpulkan jika orang dewasa sudah tidak membutuhkan vaksinasi lagi. Selain itu, sistem kekebalan tubuh orang dewasa sudah terbentuk sempurna, sehingga serangan penyakit bisa dengan mudah ditangkal.

Benarkah orang dewasa sudah tidak butuh vaksinasi lagi?

Menurut dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc.VPCD, vaksinolog lulusan University of Siena, Italy, sekaligus tim penulis Buku Pedoman Imunisasi Dewasa 2012, menjelaskan jika orang dewasa pun masih wajib mendapatkan vaksinasi.

Ada beberapa jenis vaksin yang sebaiknya diberikan kepada orang dewasa, diantaranya Infuenza, Tetanus atau Difteri, Pneumokokal, hepatitis A dan B, Human Papilloma Virus (HPV), demam tifoid, Varisela, Herpes Zoster, dan beberapa jenis vaksin lainnya.

Ada beberapa alasan kenapa orang dewasa pun harus diberikan vaksin, diantaranya :

  1. Akan pergi ke sebuah tempat atau negara yang diduga jadi endemik penyakit tertentu, contohnya jamaah haji/umrah harus vaksinasi meningitis.
  2. Sejak kecil tidak pernah mendapatkan vaksin apapun.
  3. Terkait dengan perilaku berisiko tinggi, contohnya pengguna narkoba jarum suntik, perokok aktif, orang yang memiliki partner seks multipel dan lainnya.
  4. Bekerja di tempat dengan risiko kesehatan tinggi, seperti tenaga kesehatan, relawan, perawat, petugas laboratorium dan lainnya.
  5. Wanita sebelum menikah, atau sebelum menjalankan program kehamilan.

Untuk mengetahui apakah harus segera mendapatkan vaksin atau tidak, dan jenis vaksin apa yang harus segera diberikan, Smart Mom bisa langsung menghubungi dokter. Vaksinasi ini bisa diberikan di bidan, dokter, atau bisa langsung datang ke rumah sakit.

Ingat Smart Mom, vaksinasi merupakan salah satu bentuk pencegahan dari serangan penyakit tertentu. Sebaiknya segera lakukan, sebelum semuanya jadi terlambat!

Prev Post

Deodorant Bisa Sebabkan Kanker, Mitos atau Fakta?

Next Post

Kafein Bisa Memperlambat Pertumbuhan Si Kecil? Ini Faktanya

SHARE TO