Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Makan Kacang di Malam Hari Bisa Sebabkan Jerawat, Benarkah?

Posted on 13 November 2018, 07:34 AM
Makan Kacang di Malam Hari Bisa Sebabkan Jerawat, Benarkah?

Menu makan malam yang tepat merupakan kunci sukses program diet. Salah satu menu yang banyak dipilih adalah kacang-kacangan. Selain kandungan protein yang tinggi, kacang pun mengandung lemak baik, dan sejumlah nutrisi lainnya, yang mampu menjaga Smart Mom kenyang lebih lama.

Benarkah konsumsi kacang di malam hari bisa sebabkan jerawat?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Academy of Dermatology dan Jurnal American Medical Association, menjelaskan tidak ada bukti ilmiah konsumsi kacang di malam hari terkait dengan kemunculan jerawat. 

Justru sebaliknya, kandungan protein, vitamin E, serat dan nutrisi lainnya dalam kacang, sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit, dan memaksimalkan program diet Smart Mom.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam JAMA Dermatology di tahun 2002, dan melibatkan lebih dari 1.300 responden, menyebut jika konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah (termasuk kacang) sebagai menu makan malam, cukup aman dilakukan karena tidak menimbulkan jerawat.

Terkait banyaknya spekulasi yang menyebut kacang mengandung lemak, dan berisiko menyebabkan jerawat, para peneliti menjelaskan jika kandungan lemak dalam kacang justru masuk kategori lemak baik (Asam lemak tak jenuh tunggal) yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Tapi harus diingat, Smart Mom harus melihat bagaimana cara kacang tersebut diolah. Jika kacang diolah dengan cara digoreng, otomatis kadar lemak jenuhnya akan meningkat, sementara kandungan lemak baiknya akan menurun. Inilah yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Selain itu, kacang yang diolah dengan tambahan garam pun diketahui bisa menyebabkan efek yang sama (menyebabkan jerawat). Kacang dengan kandungan tinggi garam juga bisa menyebabkan mata sembab atau kantung mata saat bangun di pagi hari.

Untuk itulah tim peneliti menyarankan agar Smart Mom mengolah sendiri kacang yang akan dikonsumsi sebagai menu makan malam. Jauhkan dari tambahan garam berlebih, dan jangan diolah dengan cara digoreng. Kacang sebaiknya diolah dengan cara disangrai atau direbus saja.

Prev Post

Nonton TV Terlalu Dekat Tidak Baik untuk Mata, Benarkah?

Next Post

Bikin Seblak Sehat? Bisa Kok Smart Mom, Begini Caranya!

SHARE TO