Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Mau Asisten Rumah Tangga Betah? Ini Tipsnya

Posted on 11 November 2019, 04:03 PM
Mau Asisten Rumah Tangga Betah? Ini Tipsnya

Konon, para ibu punya rasa khawatir bahkan stres jika asisten rumah tangga (ART) mengajukan untuk tidak bekerja lagi. Apakah Smart Mom termasuk salah satu diantaranya? 772348945

Pada dasarnya, tak perlu diingkari lagi bahwa asisten rumah tangga memang memiliki peran yang sangat krusial dalam membantu Smart Mom mengurus rumah dan keluarga. Apalagi kalau Smart Mom juga bekerja, baik itu kerja kantoran atau mengurus bisnis. Jadi, tak heran kalau biasanya Smart Mom pusing ketika ART harus mudik, misalnya waktu libur lebaran atau izin karena ada urusan keluarga.

Kalau izin sih, masih bisa diurus. Tapi, bagaimana kalau ART memilih mengundurkan diri karena ternyata dia tidak betah bekerja di rumah Smart Mom? Kalau Smart Mom ingin membuat ART bekerja di rumah, yuk simak dan terapkan beberapa tips berikut ini. Selamat membaca dan mencoba, ya!

Tips Membuat Asisten Rumah Tangga Betah

  1. Perlakukan ART sesuai usia

Tak jarang, ART zaman sekarang masih berusia muda, seperti di awal 20-an. Bahkan, banyak juga yang masih berusia belasan. Kalau Smart Mom punya ART yang masih sangat muda, coba jelaskan kewajiban dan apa konsekuensi kalau ART melalaikan kewajibannya. Ini adalah tips yang dianjurkan oleh Megan Devine, seorang psikolog terapis soal cara ampuh memperlakukan remaja, seperti yang dikutip dari empoweringparents.com. Artinya, kalau ART lalai mengerjakan tugas atau kewajibannya, Smart Mom sudah menjelaskan kepada mereka apa konsekuensinya sejak awal. Dengan begitu, ART juga paham apa efek dari kelalaiannya, sehingga ancaman pulang kampung tak akan lagi jadi senjata ampuh bagi mereka.

  1. Berikan imbalan yang sesuai

Biar bagaimanapun, hubungan Smart Mom dengan ART adalah hubungan bisnis. Nah, selain menjelaskan konsekuensi dari kelalaian atas tugasnya, Smart Mom juga perlu jelaskan imbalan jika tugas-tugas ART dijalankan, yaitu upah.

Akan tetapi, upah bulanan saja tidak cukup, lho! Sebab, Smart Mom juga perlu berikan imbalan dalam bentuk lain, seperti jatah libur atau cuti, sampai bonus kinerja. Di samping itu, pemberian bonus juga tak harus selalu dalam bentuk uang, tapi juga bisa dalam bentuk barang seperti pakaian atau parcel untuk keluarga ART di rumah saat lebaran.

  1. Perlakukan dengan baik

Walaupun hubungan Smart Mom dengan ART merupakan hubungan bisnis, bukan berarti Smart Mom harus bersikap galak seperti bos, ya! Sikap tegas memang diperlukan, terutama soal pekerjaan, tapi Smart Mom juga perlu memperlakukan ART dengan baik dan sopan. Dengan begitu, ART akan merasa nyaman bekerja di tengah keluarga Smart Mom dan jadi loyal.

  1. Ajak ART untuk maju

Bukan hanya dipekerjakan untuk membantu mengurus rumah dan keluarga, Smart Mom juga sangat dianjurkan untuk memberikan bekal lain bagi ART, lho! Dengan begitu, ART akan sangat menghargai Smart Mom karena sudah memberinya pengalaman berharga. Misalnya, Smart Mom bisa ajari ART memasak makanan baru yang belum pernah ia coba sebelumnya, atau bahkan mengajarinya keterampilan baru.

Nah, itulah beberapa tips penting yang bisa Smart Mom terapkan untuk membuat ART betah bekerja dan bahkan jadi setia dengan Smart Mom. Pada intinya, perlakukan ART dengan baik dan sopan, sambil menentukan batasan yang jelas antara tanggung jawabnya sebagai ART di rumah Smart Mom, ya. Tegaskan juga apa imbalan jika pekerjaannya dilakukan dengan baik, dan apa konsekuensi yang perlu ditanggung jika ART lalai. Selamat mencoba!

Prev Post

Tips Pintar Menjalin Hubungan dengan Saudara Ipar

Next Post

Cara Merawat Baju Batik Agar Tidak Luntur

SHARE TO