Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Mau Punya Rumah Ramah Lingkungan? Begini Cirinya

Posted on 18 January 2023, 11:38 AM
Mau Punya Rumah Ramah Lingkungan? Begini Cirinya

Rumah ramah lingkungan saat ini menjadi tren baru karena sebagian besar konsumen Indonesia telah sadar akan pentingnya melestarikan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Seperti apa ciri-ciri rumah yang ramah lingkungan? Simak di bawah ini yuk, Smart Mom!

 

Terletak di lokasi yang tepat.

 

Rumah ramah lingkungan sebaiknya dibangun di lokasi pembangunan yang tepat, seperti jauh dari bantaran sungai, daerah resapan air. Kenapa? Karena jika dibangun di area tersebut bisa mengganggu siklus daur air yang bisa berakibat bencana alam seperti banjir. Selain itu, lokasi pembangunan rumah yang ramah lingkungan juga sebaiknya tidak di area pembuangan sampah karena bisa mengakibatkan hunian mengalami pencemaran udara maupun pencemaran air tanah.

 

Punya area terbuka hijau.

 

Untuk bisa memenuhi standar rumah ramah lingkungan, minimal 30% dari total keseluruhan luas lahan sebaiknya dijadikan ruang terbuka yang dilengkapi berbagai tumbuhan. Ruang terbuka hijau tidak cuma bisa dibuat di area sekitar rumah saja, atap rumah pun bisa dijadikan lokasi pembuatan ruang terbuka hijau seperti rooftop garden yang biasa terdapat pada gedung-gedung pencakar langit. 

 

Punya sirkulasi udara yang baik

 

Salah satu ciri dari rumah ramah lingkungan selanjutnya adalah memiliki pertukaran atau sirkulasi udara yang baik. Nah, agar sirkulasi di rumah baik, Smart Mom bisa membuat ventilasi dan jendela yang cukup. 

 

Hemat energi

 

Hemat energi juga menjadi salah satu ciri lainnya dari rumah ramah lingkungan. Cara efektif untuk menghemat konsumsi energi pada rumah ramah lingkungan adalah dengan memaksimalkan energi yang sudah disediakan oleh alam seperti sinar matahari.

 

Desain rumah ramah lingkungan dibuat sedemikian rupa supaya sinar matahari dapat menjadi sumber pencahayaan utama yang mencukupi bagi seluruh bagian rumah pada siang hari.


Semoga informasi tentang ciri-ciri rumah yang ramah lingkungan ini bermanfaat. Selain memiliki rumah ramah lingkungan, jangan lupa juga untuk mendukung kelestarian lingkungan dengan selalu menggunakan detergen ramah lingkungan yang formulanya bebas fosfat, seperti Attack Sensor Matic, Attack Hygiene Plus, dan Attack Plus Softener.

Prev Post

Tips Bijak Mengendalikan Emosi pada Si Kecil

Next Post

Mari Awali Tahun Baru dengan Bahagia dan Penuh Percaya Diri!

SHARE TO