Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Memuji Anak akan Bisa Bikin Dia Sombong, Mitos atau Fakta?

Posted on 19 November 2018, 10:05 AM
Memuji Anak akan Bisa Bikin Dia Sombong, Mitos atau Fakta?

Salah satu cara agar Si Kecil makin semangat untuk menebar kebaikan adalah, dengan memberikan pujian setelah dia berhasil melakukan hal yang terpuji. Tapi hati-hati Smart Mom, terlalu berlebihan dalam memuji pun bisa berdampak buruk bagi Si Kecil.

Menurut Eddie Brummelman, peneliti dari Research Institue of Child Development and Education University of Amsterdam, Belanda, menyebut jika pujian yang berlebih bisa berdampak buruk, bahkan bisa membuat Si Kecil jadi sombong.

Lebih buruknya lagi, jika Smart Mom memuji anak untuk hal yang tidak dia miliki, hal ini malah akan membuatnya berbangga hati dan enggan belajar hal yang baru.

Lantas, bagaimana caranya memuji yang baik?

Seperti disebutkan di atas, memuji bisa berbahaya jika dilakukan secara berlebihan, untuk itu kadar memberikan pujian harus diatur, dan fokus untuk hal-hal yang positif saja.

Misal, saat Si Kecil berhasil meraih prestasi, puji dia atas pertasi yang dia miliki, tapi tidak untuk kemampuannya. Misalnya. Nak, selamat ya kamu berhasil jadi juara Calistung tingkat Kota, kamu layak mendapatkannya. Tapi ingat, perjuangan di tingkat Provinsi lebih berat lho!

Dengan cara ini, anak akan merasa jika hasil kerja kerasnya dihargai, tapi di sisi lain dia pun diingatkan untuk tidak jumawa dan terlalu larut dalam kemenangan karena di depan tantangannya jauh lebih berat.

Selain itu, memberikan pujian dengan diiringi pengingat mampu memotivasi Si Kecil untuk berbuat lebih. Mereka akan menganggap semua kesulitan yang harus dihadapi sebagai tantangan yang harus ditaklukkan, bukan untuk dihindari, apalagi menyerah di tengah jalan.

Ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Social Cognitive and Affective Neuroscience tahun 2006, yang menyebut, anak yang memiliki motivasi tinggi, merupakan golongan anak yang mendapat pujian disertai dengan tantangan.

Mereka akan cenderung tumbuh dengan kemampuan baru. Hal ini berbeda dengan anak yang diberi pujian secara gratis, yang cenderung memiliki kepercayaan diri berlebih, dan mereka akan lebih cepat menyerah saat menghadapi permasalahan rumit. Jadi, bijaklah saat melemparkan pujian Smart Mom!

Prev Post

Benarkah Membaca Terlalu Dekat Bisa Merusak Mata?

Next Post

Cara Kenalkan Konsep Perlindungan Diri Pada Anak dengan Cara Menyenangkan

SHARE TO