Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Menghindari Stress Selama Melakukan Pekerjaan Rumah

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
Menghindari Stress Selama Melakukan Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah adalah satu hal yang seolah menjadi kewajiban seorang ibu rumah tangga, mulai dari mencuci pakaian, membersihkan rumah, mengurus si kecil yang akan berangkat sekolah, hingga menyiapkan sarapan untuk sang suami. Tetapi lama-kelamaan hal ini tentunya akan menjadi beban dan justru akan membuat Smart Mom tertimpa stress.

Berikut ini adalah beberapa tips yang patut Anda lakukan demi mengurangi atau bahkan menghindari stress yang mungkin menimpa Smart Mom selama melakukan pekerjaan rumah sehari-hari.

1. Buat Jadwal yang Terstruktur

Aktivitas yang terjadwal dan tersusun dengan baik pastinya akan mengurangi resiko Smart Mom untuk mengalami stress. Di samping itu, segala pekerjaan juga akan lebih teratur dan Anda bisa memfokuskan diri pada satu tugas.

Mulailah mengorganisir semua pekerjaan sehari-hari Smart Mom. Tuliskan pada sebuah buku agenda atau gunakan gadget Anda untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari, mulai dari pagi hingga malam. Jangan lupa jadwalkan juga waktu untuk beristirahat.

2. Buat Pekerjaan Rumah jadi Menyenangkan

Ada beragam cara untuk bisa membuat pekerjaan rumah menjadi menyenangkan, salah satunya adalah dengan mengajak anak dan suami bekerja bersama-sama. Selain menambah quality time, Smart Mom juga melatih kemandirian dan kedisiplinan si kecil. Mulailah dengan pekerjaan-pekerjaan ringan, seperti menyapu rumah atau memasak.

Bila Smart Mom memiliki waktu yang lebih luang, cobalah mengajak si kecil untuk mendekor ulang rumah. Tak perlu sampai memindahkan furniture atau sofa, tetapi ajaklah ia untuk membuat prakarya-prakarya sederhana untuk menghias kamarnya.

3. Kurangi Beban

Pekerjaan rumah tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu, jangan memforsir diri sendiri. Jangan pernah memaksakan tubuh Smart Mom dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Ada kalanya Anda perlu bersantai dan beristirahat sejenak. Kurangi sedikit pekerjaan Smart Mom, atau bila Anda memang benar-benar membutuhkan waktu luang, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian para anggota keluarga.

4. Berkumpul Bersama Keluarga

Seperti yang sudah disebutkan di poin kedua, tak ada salahnya untuk mengajak anak untuk membantu kita melakukan pekerjaan rumah tangga. Tetapi di samping itu, kita pun perlu meluangkan waktu sejenak untuk benar-benar berkumpul dan bersantai bersama suami dan anak-anak. Selain mengatasi stress, berkumpul sambal bermain bersama suami dan anak mampu membangun keintiman dalam keluarga.

Cobalah sisipkan waktu sejenak untuk bertamasya atau berolahraga bersama seluruh anggota keluarga. Pilihlah tempat favorit untuk berkemah, berjalan-jalan di pantai, atau sekedar cuci mata di mall. Dengan begitu, Anda bisa melupakan sejenak beban pekerjaan dan menjernihkan kembali pikiran.

Prev Post

Membiasakan Diri Untuk Kembali Bekerja Kantoran

Next Post

Membangun Bisnis Sebagai Seorang Ibu Rumah Tangga

SHARE TO