Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Minum Air Kelapa Selama Hamil Bikin Anak Bersih Saat Lahir, Benarkah?

Posted on 5 June 2018, 08:37 AM
Minum Air Kelapa Selama Hamil Bikin Anak Bersih Saat Lahir, Benarkah?

Air kelapa muda memang punya segudang manfaat. Selain ampuh mengatasi dehidrasi dan rasanya yang memang sangat menyegarkan, air kelapa muda pun punya manfaat bagi kecantikan, diantaranya membuat rambut terlihat lebih hitam dan berkilau.

Tapi bagaimana dengan mitos yang menyebut konsumsi air kelapa muda selama timester akhir masa kehamilan, bisa membuat kulit bayi bersih?

Menurut dr. Karin Wiradarma, dari klikdoctor.com, dalam satu buah kelapa muda berukuran sedang, rata-rata mampu menghasilkan sekitar 120-240 ml air kelapa. Di dalamnya, terkandung banyak nutrisi, dari mulai vitamin C, kalium, elektrolit, magnesium dan nutrisi lainnya.

Walaupun begitu, dengan kandungan nutrisi yang cukup melimpah dan baik untuk kesehatan kulit, bukan berarti air kelapa ini bisa membuat kulit bayi jadi bersih. Dengan kata lain, kepercayaan yang selama ini beredar hanya mitos belaka.

Menurutnya, pada dasarnya bayi akan terlahir bersih seiring dengan lepasnya lemak fernik (lemak yang menutupi tubuh janin), baik dengan konsumsi air kelapa muda atau tidak. Biasanya, janin yang bersih ini terlahir cukup umur, atau lahir diatas 36 minggu.

Namun bukan berarti Smart Mom yang rutin minum air kelapa mudah tidak akan mendapatkan manfaat sehat sama sekali. Menurut Karin, konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan dianggap penting karena dapat membantu mencegah dan mengurangi dehidrasi, dan menurunkan risiko infeksi saluran kemih selama masa kehamilan.

Kandungan kalium dalam air kelapa muda pun diketahui efektif untuk membantu mengatur tekanan darah, dan memaksimalkan fungsi jantung. Selain itu, air kelapa mudah pun merupakan sumber serat, mangan, riboflavin dan yang paling penting, aman dikonsumsi ibu hamil.

Sementara itu, menurut laman babycenter, konsumsi air kelapa muda sangat disarankan bagi ibu hamil karena di dalamnya kaya akan asam laurat. Kandungan ini akan digunakan tubuh untuk menghasilkan monolaurin yang dapat memerangi penyakit asam lemak turunan.

Selain itu, ada juga kandungan asam laurat yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus. Kandungan ini pun baik untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Smart Mom, memaksimalkan pertumbuhan janin, dan mencegah terjadinya infeksi flu, herpes dan lainnya.

Jadi bagaimana menurut Smart Mom? Mitos tentang air kelapa muda yang bisa membuat bayi terlahir bersih memang mitos belaka, tapi manfaat lainnya masih banyak kan?

Prev Post

Benarkah Anak yang Mudah Bosan Tidak Mungkin Kecanduan Gadget?

Next Post

Minum Air Kelapa Selama Hamil Bikin Anak Bersih Saat Lahir, Benarkah?

SHARE TO