Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Mitos-Mitos Terkait Kemampuan Cuka Untuk Membersihkan

Posted on 14 September 2017, 04:34 AM
Mitos-Mitos Terkait Kemampuan Cuka Untuk Membersihkan

Menggunakan bahan-bahan alami untuk beragam hal, mulai dari pengobatan hingga pembersih segala noda telah menjadi sebuah tren di era saat ini. Telah banyak buku, situs, dan blog yang mengatakan bahwa cuka (vinegar) adalah bahan terbaik dan teralami untuk membersihkan berbagai noda dan kotoran. Tetapi nyatanya cuka tidaklah seperti yang digadang-gadangkan sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa mitos mengenai kemampuan cuka dalam membersihkan noda-noda yang menempel di dalam ruangan rumah Smart Mom.

Mitos 1: Cuka adalah bahan terbaik untuk menghapus kotoran yang ada di dalam rumah

Menurut sebuah penelitian yang hasilnya ditampilkan di Journal of Environmental Health, cuka justru merupakan bahan terburuk untuk menghapus segala noda yang ada di dapur dan kamar mandi, dibandingkan produk-produk kebersihan lainnya. Lebih lanjut lagi, penelitian tersebut mengatakan bahwa, “Cuka memang lebih efektif untuk mengurangi kontaminasi mikroba dari produk-produk pembersih biasa, tetapi kurang efektif dalam membersihkan noda.”

Mitos 2: Cuka tidak cocok bila dicampur dengan castile soap

Sebelum kita meneruskan ke topik selanjutnya, pastinya Smart Mom bertanya-tanya, “Apa itu castile soap?”.

Castile soap sejatinya adalah sabun mandi biasa (bisa berbentuk batangan atau cair) yang umumnya terbuat dari minyak nabati atau minyak zaitun dan sodium hydroxide. Istilah ini muncul di kalangan negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Lalu apa yang terjadi apabila cuka yang memiliki predikat sebagai bahan pembersih alami terbaik, dicampurkan dengan sebuah sabun mandi? Hasilnya adalah sebuah adonan yang memiliki bentuk yang buruk dan mungkin akan membuat Anda menjadi malas membersihkan rumah.

Pendek kata, jangan pernah mencampur cuka dengan sabun mandi.

Mitos 3: Baking soda dan cuka adalah campuran bahan terbaik untuk membersihkan apapun

Ada satu atau dua orang yang pernah mencampurkan dua bahan ini ke dalam satu ember dan menjadikannya sebagai bahan pembersih kamar mandi. Tetapi apakah campuran baking soda dan cuka akan efektif untuk menjadi pembersih? Jawabannya adalah: Tidak!

Apabila Smart Mom mencampurkan baking soda dan cuka, maka sebenarnya Anda justru telah menghilangkan fungsi awal dari masing-masing bahan tersebut. Berkat reaksi kimia yang terjadi, campuran tersebut akan menjadi sodium acetate atau biasa kita sebut garam. Apakah Anda bisa membersihkan kotoran dengan air garam? Sepertinya tidak.

Prev Post

Meningkatkan Quality Time Keluarga Di Tengah Padatnya Aktivitas

Next Post

Cara Merawat Kemeja Denim

SHARE TO