Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Orang Kidal Lebih Pintar, Mitos atau Fakta?

Posted on 29 December 2020, 10:22 AM
Orang Kidal Lebih Pintar, Mitos atau Fakta?

Anggapan bahwa orang kidal (mereka  yang memiliki preferensi tangan sebelah kiri) adalah orang yang sangat cerdas dan jenius sudah cukup lama terdengar. Hal ini karena cukup banyak orang kidal yang terbukti pintar, berbakat serta sukses, seperti Aristoteles, Mozart, Marie Curie, Bill Gates, dan Barack Obama. Lalu, benarkah anggapan ini atau hanya mitos belaka?

Anggapan ini ternyata benar adanya karena dilansir dari laman situs tempo.co, sebuah riset membuktikan dan menyatakan bahwa mereka yang memiliki preferensi tangan sebelah kiri adalah orang yang lebih jenius. Seseorang yang menggunakan tangan kiri juga diketahui memiliki kemampuan matematika yang lebih baik.

Mereka yang memiliki preferensi tangan kiri juga diketahui memiliki corpus callosum (kumpulan sel saraf yang menghubungkan dua belahan otak) yang lebih besar. Hal itu bisa membuat seseorang lebih cepat memproses informasi ketimbang mereka yang memakai tangan kanan.

Untuk membuktikan orang kidal lebih jenius, masih dilansir dari laman situs tempo.co, IFL Science sudah melakukan sejumlah percobaan dengan memberikan soal matematika dengan berbagai tingkat kesulitan. Riset itu pun melibatkan sampai 2.300 orang dari berbagai usia. Peserta dalam riset tersebut diminta untuk melengkapi kuesioner untuk menilai preferensi tangan mereka.

Setelahnya, mereka diberi tes aritmatika sederhana dan hasilnya tidak ada perbedaan pada peserta yang memiliki preferensi tangan kiri dan tangan kanan.  Tetapi, ketika diberikan soal yang lebih rumit pemecahannya maka orang kidal bisa mengungguli peserta lain sehingga bisa disebut bahwa orang kidal lebih ulet saat harus menyelesaikan soal matematika yang lebih sulit ketimbang mereka yang memakai preferensi tangan kanan.

Hasil yang cukup serupa didapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sala dan Fernand Gobet, Professor of Decision Making and Expertise di University of Liverpool. Dilansir dari laman situs kompas.cpm, keduanya melakukan berbagai macam penelitian kepada lebih dari 2.300 siswa tingkat SMP dan SMA.

Hasilnya, sebagaimana sudah dipublikasikan di jurnal Frontiers pada 9 Juni 2017, menunjukkan bahwa mereka yang kidal lebih unggul ketika menghadapi tugas yang melibatkan pemecahan masalah, misalnya mengaitkan fungsi matematika dengan kumpulan data. Pola hasil ini juga menjadi sangat jelas pada remaja laki-laki.

Setelah menyimak penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa orang kidal memang terbukti lebih pintar ketimbang mereka yang memakai preferensi tangan kanan. Tapi ingat, bukan berarti mereka yang tidak kidal itu tidak pintar dan tidak bisa menjadi orang sukses karena tidak sedikit pula orang pintar dan sukses adalah mereka yang tidak kidal.

 

Semoga informasinya bermanfaat!

 

 

Prev Post

Langkah Mudah Menyortir Pakaian Untuk Dicuci

Next Post

Ide Seru Mengisi Libur Akhir Tahun di Rumah

SHARE TO