Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Pakaian Hitam Mampu Menangkal Radiasi Sinar UV, Mitos atau Fakta?

Posted on 28 January 2021, 02:15 PM
Pakaian Hitam Mampu Menangkal Radiasi Sinar UV, Mitos atau Fakta?

Selain pakaian hitam bisa membuat tubuh terlihat lebih ramping, mungkin ada dari Smart Mom yang pernah mendengar bahwa pakaian hitam mampu menangkal radiasi sinar UV. Benarkah anggapan ini atau hanya mitos belaka? Anggapan yang mengatakan bahwa pakaian hitam mampu menangkal radiasi sinar UV tampaknya benar adanya dan bukan isapan jempol belaka. Berikut penjelasannya.

Dilansir dari laman situs today.line.me, Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), mengungkapkan bahwa tidak semua jenis pakaian bisa melindungi kulit kita dengan baik. Tergantung dari jenis bahan, ketebalan, kerapatan benang, hingga warna pakaian yang digunakan.

Semakin terang warna pakaian yang digunakan, maka sinar matahari bisa dengan mudah menembusnya. Sebaliknya, semakin gelap warna pakaian akan lebih mampu melindungi kulit kita dengan baik karena sinar matahari tidak akan mudah tembus.

Senada dengan yang diungkapkan dengan Dr. Srie, menurut Skin Cancer Foundation, radiasi sinar ultraviolet (UV) lebih mudah melewati baju putih (terang) karena baju putih memiliki kadar pelindung dari sinar matahari atau Sun Protection Factor (SPF) yang rendah yaitu 7.

Bahkan berdasarkan penelitian dari Skin Cancer Foundation, saat kita mulai berkeringat dan basah, kadar SPF tersebut akan drastis menurun menjadi 3. Dengan kondisi ini, radiasi sinar UV akan lebih mudah melewati baju putih (terang) yang dikenakan.

Dr. Srie menambahkan, meskipun kurang nyaman memakai pakaian gelap di udara panas dengan sinar matahari yang terik, namun kenyataannya justru bisa melindungi kulit dengan baik dari bahaya radiasi sinar UVA/UVB.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Prev Post

6 Inovasi Plastik yang Lebih Ramah Lingkungan

Next Post

Tren Bisnis Rumahan yang Akan Booming di Tahun 2021

SHARE TO