Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Radiasi Microwave Bisa Picu Penyakit Kanker, Mitos atau Fakta?

Posted on 22 August 2019, 11:05 AM
Radiasi Microwave Bisa Picu Penyakit Kanker, Mitos atau Fakta?

Smart Mom, menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan memang sangat praktis, ya? Hanya dengan memasukkan makanan di wadah khusus yang tahan panas ke dalam alat, makanan pun langsung hangat dalam hitungan detik saja. Selain itu, microwave jauh lebih aman daripada kompor karena proses pemanasannya tidak menggunakan api.

Akan tetapi, apakah sebenarnya penggunan microwave aman? Mungkin Smart Mom pernah membaca kalau radiasi microwave berbahaya untuk kesehatan, bahkan sampai bisa mengakibatkan kanker. Jadi, apakah microwave benar-benar aman digunakan atau tidak? Kalau benar berbahaya, lantas mengapa microwave masih banyak ditemukan di pasaran? Nah, supaya tidak kebingungan lagi, Smart Mom bisa baca ulasan serta faktanya berikut ini, ya!

Radiasi Microwave, Amankah?

Yang perlu Smart Mom ingat adalah bahwa proses pemanasan makanan yang dilakukan microwave menggunakan gelombang elektromagnetik. Hal ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan kanker, apalagi reaksi nuklir. Jadi, microwave aman, kan? Tentu saja aman, selama Smart Mom menggunakannya sesuai dengan instruksi penggunaan yang sesuai.

Selain menggunakan wadah dengan bahan aman untuk microwave dan menutup wadahnya, jangan lupa untuk membuka plastik pembungkus makanan ketika Smart Mom akan menghangatkannya di dalam microwave, ya. Sebab, si plastik inilah yang ternyata jadi bahaya untuk kesehatan keluarga.

Menurut profesor spesialis radiologi dari Stanford Universirty, Hans Ringertz, radiasi microwave sebenanya tidak mempunyai dampak apapun terhadap kesehatan. Akan tetapi, bahan-bahan yang ada di sekitar makanan yang kemungkinan menghasilkan zat-zat berbahaya ketika dipanaskan, seperti plastik bungkus makanan yang ikut dipanaskan di dalam microwave.

Saat memanaskan makanan gunakan wadah yang sudah teruji aman dan bebas BPA, yaitu zat kimia yang dapat luluh ke dalam makanan. Atau Smart Mom bisa memilih wadah dari bahan non-plastik lainnya yang juga aman dipanaskan di dalam microwave, seperti keramik.

Prev Post

Tips Menabung Paling Mudah untuk Membeli Rumah

Next Post

Benarkah ADHD Disebabkan Karena Terlalu Banyak Konsumsi Gula?

SHARE TO