Teknologi Jepang untuk Semua Solusi Mencuci

Seberapa Pentingkah Ikut Arisan Keluarga?

Posted on 12 July 2019, 03:51 PM
Seberapa Pentingkah Ikut Arisan Keluarga?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempererat silahturahmi keluarga. Selain berkumpul pada hari raya keagamaan, arisan juga kerap diselenggarakan untuk bertukar kabar dengan kerabat.

Apa Smart Mom salah satu orang yang kerap terlibat dalam arisan keluarga atau malah sering ditunjuk buat mengurusnya? Arisan tak selalu identik dengan uang, lho. Smart Mom juga bisa menggunakan barang lain seperti sembako, perhiasan, hingga logam mulia. Semuanya kembali lagi pada kemampuan keluarga dan kesepakatan yang didiskusikan bersama kerabat.

Lantas, seberapa pentingnya arisan keluarga? Apakah kegiatan ini punya dampak selain menguatkan ikatan dengan saudara?

  • Ajang berkumpulnya keluarga

Seperti yang telah disebutkan, arisan sering kali dijadikan ‘alasan’ untuk mengumpulkan para anggota keluarga. Biasanya, para tetua yang berinisiatif mengadakan hal tersebut karena para anak dan cucunya jarang berkunjung gara-gara terpisah jarak. Dalam hal ini, uang bukan menjadi hal yang diprioritaskan. Kebersamaan dan momen perjumpaanlah yang membuat acara ini selalu dinanti dan tak terlupakan bagi anggota keluarga.

  • Berfungsi sebagai tabungan

Smart Mom pastinya sudah tahu sistem yang digunakan dalam arisan bukan? Anggota yang mendapatkan uang nantinya ditentukan dari proses pengocokan atau pengundian nama. Secara tidak langsung, Smart Mom sebenarnya menabung selama mengikuti arisan keluarga. Hanya saja untuk memperoleh uangnya harus menunggu keberuntungan datang selama proses pengocokan berlangsung. Namun, ada baiknya Smart Mom tak memakai arisan sebagai tabungan darurat kalau membutuhkan biaya tambahan secara mendadak.

  • Liburan bersama sanak saudara

Arisan keluarga ternyata bisa terasa seperti liburan, lho. Apalagi kalau keluarga besar Smart Mom datang dari kota dan daerah berbeda. Supaya semakin seru, adakan arisan di rumah berbeda. Misalnya, bulan ini Smart Mom mendapat bagian mengadakan arisan keluarga, kemudian untuk bulan selanjutnya di rumah saudara yang tinggal di kota/daerah lain. Pastikan juga jadwal Smart Mom dengan kerabat tidak bentrok supaya kegiatan berjalan lancar, ya.

  • Memudahkan pengaturan finansial

Mengikuti arisan keluarga ternyata secara tak langsung memudahkan Smart Mom mengelola keuangan. Pasalnya, Smart Mom harus menyisihkan uang dari penghasilan untuk kegiatan ini mengikuti periode dan jumlah yang telah ditentukan bersama. Di sisi lain, jangan paksakan diri juga, ya, Smart Mom, kalau iuran arisannya terlalu besar. Bicarakan dulu dengan anggota keluarga lain perihal nominalnya sebelum mengambil keputusan akhir.

Jadi, masih ragu ikut arisan keluarga, Smart Mom?

Prev Post

Cara Cermat dan Hemat Belanja Perlengkapan Sekolah Si Kecil

Next Post

Uang Saku yang Ideal untuk Si Kecil yang Sudah Sekolah

SHARE TO